Pizza Hut Terancam Bangkrut, Kini McDonald's Tutup 200 Toko

Safira Fitri, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2020 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 320 2254487 pizza-hut-terancam-bangkrut-kini-mcdonald-s-tutup-200-toko-poRU8OnIqX.JPG Dampak Covid-19 terhadap Pizza Huta. (Foto: Okezone.com/Qraved)

JAKARTA - Perusahaan makanan cepat saji seperti McDonald's merasakan dampak besar akibat meluasnya virus corona. Tahun ini direncanakan akan menutup 200 toko.

Kondisi serupa juga dirasakan Pizza Hut, di mana NPC Internasional Inc, pemegang waralaba restoran tersebut dikabarkan akan bangkrut. Perusahaannya diketahui memiliki utang sebesar USD903 juta.

McDonald's

McDonald's mengungkapkan bahwa penjualannya telah anjlok hingga 68%, penghasilan yang semula berada pada angka USD3,77 miliar, menurun hingga hanya USD483,8 juta, pada perhitungan penghasilan gerainya sejak April hingga Juni lalu.

Baca Juga: Penjualan Ayam Turun, McDonald's Segera Tutup 200 Toko

Penurunan penjualan McDonald's di luar Amerika tercatat lebih banyak terjadi daripada penjualan di wilayah Amerika sendiri. Namun, hal tersebut turut menyeret total penjualan secara global. Pasalnya, Di luar Amerika terjadi penurunan penjualan hingga 39% di bulan April, sedangkan di Amerika turun 19,2% di bulan yang sama.

Di sisi lain, penjualan McDonald's mulai mengalami peningkatan dengan adanya bantuan sistem penjualan drive-thru, karena rata-rata gerainya tidak melayani dine in di masa pandemi seperti sekarang.

Pizza Hut

Sementara itu, NPC dalam usaha pemulihan Pizza Hut juga sedang mengupayakan untuk menciptakan masa depan lebih baik bagi restoran tersebut. Pihaknya akan melakukan kesepakatan dengan para kreditor yang bekerja sama.

Baca Juga: Dibuka Lagi, McDonald's Butuh 260.000 Karyawan Baru

Perusahaan memiliki waktu hingga 24 Juli untuk melakukan kesepakatan tentang cara merestrukturisasi bisnis yang tengah krisis tersebut. Jika pihaknya tidak berhasil melakukan kesepakatan, NPC akan mencoba untuk menjual sejumlah gerai Pizza Hut di beberapa wilayah.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini