Ada Long Weekend Idul Adha, Jangan Lupa Sisihkan Pendapatan untuk Ditabung

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 320 2255003 ada-long-weekend-idul-adha-jangan-lupa-sisihkan-pendapatan-untuk-ditabung-l5mEaAmYgv.jpg Rayakan Idul Adha. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Masyarakat diingatkan untuk menjaga keuangan, meski dalam merayakan Hari Raya Idul Adha. Menabung dan investasi di tengah pandemi Covid sangat penting, karena situasi dan kondisi saat ini sulit diprediksi.

Biasanya beberapa orang terbawa euforia dari suasana Lebaran. Sehingga lupa untuk menyisihkan penghasilan guna kebutuhan yang lebih penting lainnya.

Untuk itulah, Perencana Keuangan Andi Nugroho menegaskan bahwa momen Lebaran bukan alasan untuk tidak melakukan investasi ataupun nabung. Karena sebenarnya, di samping memenuhi kebutuhan Lebaran, masyarakat bisa menyisihkan uang untuk menabung.

Baca Juga: Siasati Keuangan Agar Dompet Tak Boncos saat Long Weekend Idul Adha

Menurut Andi, agar investasi dan menabung tetap jalan ada baiknya memotong terlebih dahulu penghasilan di awal. Hal ini untuk menghindari gajian akan habis karena harus digunakan untuk kebutuhan yang dianggap tidak penting.

"Kalau mau investasi sama nabung saranku adalah jangan nunggu dihitung bersih dulu ataupun jangan dulu dikeluarin untuk lain lain baru kalau ada sisanya ditabungin," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (31/7/2020).

Baca Juga: Kenapa Ada Generasi Sandwich? Berikut 5 Penyebabnya

Menurut Andi, namun kebutuhan investasi ini juga tidak perlu terlalu besar. Dirinya menyarankan agar anggaran untuk investasi atau menabung yakni hanya 10% dari penghasilan.

"Tapi di awal aja. Langsung apalagi contoh ini kan lebarannya pas tanggal muda ya yaudah daripada habis duluan mendingan di awal langsung potong dulu misalnya 10% dari penghasilan kita," kata Andi.

Setelah dipotong , barulah uang sisany digunakan untuk kebutuhan lebaran. Namun, dalam mengeluarkan uang untuk lebaran juga harus diperhatikan dan direncanakan terlebih dahulu agar dompet tidak jebol

"Itu untuk ditabung atau investasikan. Bau selebihnya digunakan untuk berlebaran tadi," kata Andi.

(fbn)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini