Daftar Efek Syariah Periode I Diterbitkan, Apa Itu?

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2020 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 02 278 2255707 daftar-efek-syariah-periode-i-diterbitkan-apa-itu-KAA5rm4QNa.jpg saham Syariah

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan daftar efek syariah (DES) periode I-2020. Pasalnya, daftar tersebut terdiri dari investasi 457 saham syariah dengan ketentuan-ketentuan syariah.

Namun, apa itu DES?

 Baca juga: OJK Tetapkan 2 Efek Syariah, Ini Daftarnya

Mengutip instagram OJK, Jakarta, Minggu (2/8/2020), DES adalah kumpulan efek yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah di pasar modal. Hal ini telah ditetapkan oleh OJK atau pihak yang mendapat persetujuan OJK sebagai pihak penerbit DES.

DES dinilai sangat penting sebagai panduan inestasi abgi pihak pengguna. Contohnya saja seperti, manajer investasi, pengelola reksa dana syariah, asuransi syariah, dan investor syariah lainnya.

 Baca juga: Garudafood dan The Duck King Masuk Efek Syariah

Selain itu, DES juga menjadi acuan bagi bursa efek Indonesia dan pihak lain yang ingin menerbitkan Indeks Saham Syariah. Adapun kriteria efek dalam DES meliputi:

1. Tidak melakukan kegiatan dan jenis usaha yang bertentangan dengan Prinsip Syariah di pasar modal,

2. Tidak melakukan transaksi yang bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal,

Baca juga: Saham ZONE, SOTS dan URBN Masuk Daftar Efek Syariah

3. Memenuhi rasio keuangan sebagai berikut:

- Total utang yang berbasis bunga dibandingkan dengan total aset tidak lebih dari 45%,

- Total pendapatan bunga dan pendapatan tidak halal lainnya dibandingkan dengan total pendapatan usaha dan pendapatan lain-lain tidak lebih dari 10%.

Sumber data yang digunakan berasal dari laporan keuangan emiten dan perusahaan publik. Di mana, data tersebut berakhir pada 31 Desember 2019 serta dari data pendukung lainnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini