Share

Fraud, Biang Kerok BPR Bangkrut

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 19:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 320 2256972 fraud-biang-kerok-bpr-bangkrut-iVC1IUmutX.jpg Penyebab Bangkrutnya BPR. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Direktur Eksekutif Klaim dan Resolusi Bank LPS Suwandi mengungkapkan penyebab bisnis Bank Perkreditan Rakyat (BPR) mengalami kebangkrutan. Di antaranya, adanya fraud yang menjadi peran penting dalam kebangkrutan BPR.

"Bahkan dalam penelitian bank-bank yang telah dilikuidasi, fraud ini terjadi saat bank masih terefleksi dalam kondisi sehat dan baru terungkap ketika BPR itu bangkrut," kata Suwandi dalam webinar , Selasa (4/8/2020).

Baca Juga: Tak Ingin Ketinggalan Zaman, BPR Dekati Fintech

Dia memaparkan, beberapa variable independen BPR gagal antara lain perangkapan jabatan pemegang saham dengan dewan direksi, ketidakpatuhan membayar premi, ketidaklengkapan membayar surat pernyataan direksi, serta ketidaklengkapan surat pernyataan dari pemegang saham.

"BPR juga harus mengubah pola bisnis yang mana dalam praktik memang perlu dilakukan," katanya.

Baca Juga: Hati-Hati! Serangan Hacker Hantui Digitalisasi Perbankan, Bisa Bobol Rekening

Dia menambahkan tata kelola yang khususnya fokus pada prilaku dan profesionalisme dari pengurus perlu mendapat penekanan, sehingga resolusi BPR jauh lebih baik, yakni tak berujung pada likudiasi.

"Kita juga terus mengumpulkan data apa yang perlu diperbaiki agar BPR ini bisa meningkat," jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini