Sri Mulyani Murung Ekonomi RI Minus 5,32%, Ini Jauh Lebih Rendah

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 17:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 20 2257500 sri-mulyani-murung-ekonomi-ri-minus-5-32-ini-jauh-lebih-rendah-FN7f5viX0B.png Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Okezone.com/Instagram Sri Mulyani)

JAKARTA - Ekonomi Indonesia pada kuartal II-2020 mengalami kontraksi 5,32% dibandingkan kuartal II-2019. Penurunan perekonomian diakibatkan pandemi virus corona.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, pertumbuhan ekonomi ini lebih rendah dibandingkan kuartal I-2020 mengalami kontraksi pertumbuhan sebesar 4,19% (qtq). Dan pada kuartal kedua 2019 minus hingga 5,32%.

"Ini jauh lebih rendah dibanding kan tahun lalu dimana mencatat pertumbuhan ekonomi 2,97%, sedangkan pada kuartal II yaitu 5,02% di 2019," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Rabu (5/8/2020).

Baca Juga: Masyarakat Indonesia Konsumtif Bisa Bikin Ekonomi Bangkit asal...

Menurutnya, turunnya ekonomi karena adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan pada Maret hingga Juni, sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.

"Rendahnya ekonomi Indonesia karena penerapan PSBB jadi beberapa aktivitas ekonomi menurun," jelasnya.

Namun demikian, Sri Mulyani optimis kuartal ketiga akan terjadi pemulihan. Hal ini terlihat dari geliat ekonomi pada awal Juni yang sudah mulai bergerak.

Baca Juga: Rakyat Butuh Duit untuk Geber Pertumbuhan Ekonomi yang Minus

"Karena kita lihat di bulan Juni ada perbaikan dari trend dan kita harapkan kita jaga pada kuartal ketiga ini bisa positif," jelasnya

Dia pun menambahkan akan terus menjaga ekonomi Indonesia agar tidak rendah. Salah satunya bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

"Kita menjaga otoritas fiksal dari sektor keuangan agar dinamika ekonomi tersebut terjaga dan potensi dampaknya stabilitas sistem keuangan kita lebih rendah," jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini