Ikan Cupang Laku saat Corona, Mantan Honorer Ini Raup Untung Gede

Wildan Hidayat, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 320 2257352 ikan-cupang-laku-saat-corona-mantan-honorer-ini-raup-untung-gede-lvDyGB4DSg.jpg Ikan Cupang (Foto: Freepik)

BOGOR – Di tengah covid-19 banyak masyarakat yang beralih profesi menjadi budidaya ikan cupang hias di Kampung Lebak Oca Desa Semplak Barat Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor. Semakin banyak diminati, dalam satu kampung masyarakat beternak ikan yang memukau semua kalangan ini.

Bahkan penjualan ikan cupang hias tersebut tembus hingga ke mancanegara secara Online dengan meraup keuntungan hingga puluhan juta per bulan.

Meski ditengah covid 19 namun para pengusaha muda budidaya ikan cupang hias ini ternyata masih banyak diminati masyarakat selain harganya terjangkau. Budidaya ikan cupang tergolong mudah dan sangat minim modal.

Baca juga: 4 Cara Dapat Modal untuk Membuat Startup

Dalam satu kampung, masyarakat turut membudidayakan ikan cupang karena banyak yang terkena PHK terpaksa masyarakat di kampung ini berputar alih menjadi peternak ikan cupang.

Yogi salah seorang mantan pegawai honorer mengaku penjualan ikan hias tersebut sudah tembus ke mancanegara. Budidaya ikan cupang hias yang sudah lama dikelola secara perkelompok ini.

Mulai dari pembenihan hingga pemasaran sementara berbagai jenis ikan cupang hias yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat seperti ikan cupang hias nemo galaxi dan blue rim kedua ikan cupang hias tersebut memiliki warna yang berbeda dengan ikan cupang hias lainnya dan berdaya jual tinggi. Tidak heran jika para artis berburu ikan cupang yang harganya hingga jutaan rupiah.

Baca juga: Rintis Usaha Tak Butuh Modal Besar, Terus Apa?

Sementara itu harga ikan cupang hias di Kampung Lebak Oca ini sangat murah dari Rp5.000 hingga paling mahal Rp1 juta. Tak heran jika para peternak ikan cupang ini mengaku beromzet Rp5 juta hingga Rp20 juta per bulan.

Bahkan rencana ke depanya, Kampung Lebak Oca ini akan dijadikan lokasi edukasi bagi masyarakat umum. Selain terbuka untuk cara pembudidayaan ikan cupang, lokasi ini juga sudah dijadikan tempat untuk mengajak masyarakat menambah penghasilan dengan nilai yang begitu fantastis.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini