4 Cara Dapat Modal untuk Membuat Startup

Natasha Oktalia, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 320 2257213 4-cara-dapat-modal-untuk-membuat-startup-TZULNlU720.jpg Tips Memulai Usaha. (Foto: Okezone.com/FinancialExpress)

JAKARTA - Merintis usaha (startup) terkadang terkendala modal. Untuk mendapatkannya pun ada berbabagi cara yang bisa digunakan, seperti dari pribadi sendiri, pinjaman hingga arisan.

Hanya saja, perintis usaha disarankan untuk memiliki modal sendiri lebih dulu. Tujuannya supaya beban keuangan tidak berat, bila terjadi sesuatu pada usaha yang baru dimulai.

Seperti yang dilansir dari buku Mulai Usaha Dari Nol karya Jackie Ambadar, Miranty Abidin & Yanty Isa, Jakarta, Rabu (5/8/2020), berikut beberapa macam modal saat ingin membangun usaha:

1. Modal Sendiri

Jika kalian adalah satu-satunya pemilik modal dalam usaha maka kalian adalah pemilik tunggal bisnis. Keuntungannya sebagai pemilik usaha bebas untuk menentukan jalannya usaha.

Baca Juga: Rintis Usaha Tak Butuh Modal Besar, Terus Apa?

Menggunakan modal dana pribadi merupakan pilihan yang baik, karena akan terbebas dari beban yang muncul dari pihak lain.

2. Modal Pinjaman

Pinjaman bisa berasal dari pihak lain (keluarga, teman, atau bank).Tapi, dalam hal ini jangan lupa untuk membayarkan pinjaman tepat waktu ya, agar membuat orang percaya akan usaha yang kalian jalankan. Jangan menghilangkan kepercayaan orang lain.

Baca Juga: 6 Cara Kembangkan Bisnis, Skill Nego Jadi Kewajiban

3. Modal Kerjasama dengan Pihak Lain

Dalam hal usaha yang dijalankan bersifat melibatkan orang lain (pemegang saham dengan batas waktu yang ditentukan), pada modal ini bisa melakukan beberapa pilihan yang aman dan efektif melalui kerja sama usaha. Dengan mencari peluang dengan perusahaan lain atau mitra usaha dengan cara patungan atau kongsi.

4. Modal Arisan

Sebagaimana sistem arisan pada umumnya. Kalian bisa mengumpulkan teman-teman untuk arisan, agar mendapatkan modal usaha secara bergantian.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini