Pekerja Gaji di Bawah Rp5 Juta Dapat Rp600.000, Bisa Buat Beli Apa?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 06:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 320 2258154 pekerja-gaji-di-bawah-rp5-juta-dapat-rp600-000-bisa-buat-beli-apa-W1fEXOuWhO.jpg Tips Mengelola Keuangan Bagi yang Mendapat Bantuan Rp600 Ribu/Bulan. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah akan memberikan bantuan Rp600.000 per bulan kepada para pekerja yang memiliki penghasilan di bawah Rp5 juta. Bantuan tersebut akan ditransfer langsung ke rekening bank masing-masing karyawan.

Menurut Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi Mike Rini, dengan uang Rp600.000 ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam pengelolaan keuangan. Misalnya, pekerja yang masih belum menikah bisa menggunakannya untuk kebutuhan yang sebelum tidak bisa terpenuhi dari gaji reguler.

Baca Juga: Indonesia Diambang Resesi, Siapkan Dana Darurat hingga Asuransi

Contoh membeli paket internet sekitar Rp100.000. Kebutuhan ini tadinya tidak terlalu penting, tapi karena pandemi pekerjaan harus dilakukan via online.

"Kalau sudah bekerja kantoran gajian sebelum pandemi seluruh kebutuhan sudah dicukupi untuk gajinya yang reguler. Setelah pandemi kemungkinan ada perubahan dari pola pengeluarannya Rp100.000 itu lah yang untuk membuat penyesuaian," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (7/8/2020).

Selain itu, pengeluaran lain seperti untuk kebutuhan listrik. Karena selama pandemi waktu kerja lebih banyak, tagihan listrik mejadi lebih besar.

Baca Juga: Ekonomi Lagi Sulit, Pikir-Pikir Dulu Sebelum Pinjaman Online

"Membuat penyesuaian yang setelah pandemi ini malah membengkak. Biasanya apa sih? Listrik, pulsa itu yang membengkak, kesehatan," jelasnya.

Atau misalnya bagi yang sudah berangkat kerja kembali, bisa digunakan untuk kebutuhan uang transport. Karena adanya pandemi, seharusnya bisa menggunakan transportasi dengan biaya mahal justru harus merogoh kocek lebih dalam.

"Konsepnya sama pengeluaran apa yang membengkak karena pandemi yang tidak tercover dengan gaji anda yang biasa. Contoh misalnya tadinya naik kendaraan umum sekarang harus naik go car ada biaya yang barangkali yang saya asumsi saja. Ada biaya transportasi yang bisa murah sekarang mahal. Kalau ada uang 600.000 untuk itu," jelasnya.

Hal lainnya juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan membeli bahan makanan. Apalagi ketika perusahaan tempat bekerja terdampak corona dan mengurangi atau memotong gaji karyawannya.

"Kedua kalau single, misalnya kerja tapi sekarang di rumahkan peraturannya gini dibayar kalau masuk. Kalau enggak masuk dia nggak dibayar. Pengeluarannya tetap atau barangkali nambah karena beli pulsa listrik karena harus kerja dari rumah," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini