Pekerja Dapat Gaji Tambahan Rp2,4 Juta, Bisa Dipakai Cicil HP

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2020 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 320 2258165 pekerja-dapat-gaji-tambahan-rp2-4-juta-bisa-dipakai-cicil-hp-UF8LVDPgTT.jpg Tips Mengelola Keuangan Saat Mendapat Gaji Tambahan Rp600.000. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah akan memberikan bantuan kepada para pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta per bulan. Melalui program Bantuan Langsung Tunai (BLT) para pekerja akan mendapat Rp600.000 per bulan selama empat bulan.

Dengan gaji tambahan tersebut, Menurut Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini, para pekerja bisa mengoptimalkan keuangan untuk kebutuhan di masa sekarang dan masa depan. Maksudnya, selain survive dari pandemi virus corona, bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan di masa mendatang.

Baca Juga: Indonesia Diambang Resesi, Siapkan Dana Darurat hingga Asuransi

"Kalau kita optimalkan betul sebenarnya dia bisa tidak hanya survive di masa pandemi ini tapi juga bisa kita gunakan untuk persiapan kebutuhan masa depan tadi," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jumat (7/8/2020).

Kebutuhan survival yang dimaksud adalah pengeluaran yang membengkak untuk menunjang pekerjaan. Misalnya, pengeluaran kuota internet yang menjadi tidak murah karena penggunaan yang ekstra saat pandemi.

Baca Juga: Ekonomi Lagi Sulit, Pikir-Pikir Dulu Sebelum Pinjaman Online

"Pertama memang bisa digunakan untuk kebutuhan survival. Kebutuhan survival ini apa sih sebenarnya? Yang menjadi masalah utama saat ini orang ini kan ada pengeluaran yang membengkak selama masa pandemi ini. Contohnya bagi yang berkeluarga sudah punya tanggungan anak usia sekolah internet itu menjadi salah satu masalah yang utama. Karena ternyata itu tidak murah," jelasnya.

Ditambah lagi, tidak semua orang memiliki akses untuk gawai. Oleh karena itu uang Rp600.000 per bulan ini bisa dialokasikan untuk kebutuhan mencicil handphone ataupun laptop.

"Belum lagi yang kedua masalah tidak semua orang punya akses untuk gawai belajar. Sehingga uang Rp600.000 bisa dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan itu. Atau misalnya yang belum punya gawai akhirnya bisa nyicil kan menyicil hape atau laptop. Ada kok yang cicilannya Rp600.000 itu yang sudah berkeluarga ya," jelasnya.

Menurut Mike, dengan mencicil handphone dan laptop bisa menjadi salah satu investasi di masa mendatang. Apalagi semua pekerjaannya kini sudah mulai menggunakan internet atau via online.

"Supaya masa kini dapat masa depan dapat sehingga digunakan untuk cicilan yang produktif. Idealnya begitu," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini