Pemangkasan Eselon Capai 68%, 400 Ribu PNS Terdampak

Dita Angga R, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 320 2259904 pemangkasan-eselon-capai-68-400-ribu-pns-terdampak-OU7Alqx9Tw.jpg PNS (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo menyebut proses pemangkasan eselon terus berjalan. Bahkan hingga akhir Juli lalu proses pemangkasan sudah mencapai lebih dari 50%.

Seperti diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar hanya ada dua level jabatan struktural yakni Eselon I dan II. Sementara sisanya yakni eselon III, IV dan V dialihkan ke jabatan fungsional.

Baca juga: Anggaran Gaji ke-13 PNS Bengkak Jadi Rp28,8 Triliun, Ini Rinciannya

“Alhamdulillah sampai akhir Juli ini sudah hampir 68% menyederhanakan birokrasi menjadi dua level. Peralihan jabatan struktural menjadi fungsional,” ungkapnya dalam Webinar Netralitas ASN, Senin (10/8/2020).

Dia mengatakan bahwa Desember tahun ini pemangkasan eselon dapat dituntaskan. Sehingga selanjutnya akan dilakukan penataan-penataan lainnya.

Baca juga: Ternyata, Seluruh PNS hingga Pejabat Eselon I-II Dapat Gaji ke-13

“Target kami Desember selesai. Sehingga tahap berikutnya akan kita susun sebuah perencanaan untuk rekrutmen ASN yang baik. Lalu juga ada new normal kita persiapkan dengan baik, sistem merit, kesejahteraan pegawai," ujarnya.

Dengan adanya pemangkasan eselon ini, setidaknya terdapat 400 ribu pegawai negeri sipil (PNS) yang bakal terdampak. Pasalnya jumlah total pejabat struktural eselon I, II, III, IV dan V sebanyak 460 ribu. Sementara 400 di antaranya adalah eselon III, IV dan V.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini