Terima Gaji ke-13, Jangan Ubah Kebiasaan Ngopi Sachet ke Coffee Shop

Natasha Oktalia, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 320 2260325 terima-gaji-ke-13-jangan-ubah-kebiasaan-ngopi-sachet-ke-coffee-shop-DEPLozlsac.jpg Tips Mengelola Keuangan untuk PNS yang Baru Terima Gaji ke-13. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah menerima langsung gaji ke-13 yang telah ditransfer  ke rekening masing-masing aparatur negara. Para pegawai pun diingatkan untuk tetap menjaga gaya hidup usai mendapat gaji tersebut.

Perencana Keuangan Eko Endarto menilai, penerima gaji ke-13 tetap harus berhati-hati mengelola keuangannya. Tidak menjadi salah satu alasan untuk mengubah gaya hidup.

Baca Juga: Gaji ke-13 Cair, Baiknya Dipakai Belanja atau Jadi Tabungan?

"Yang menerima uang tersebut harus hati-hati, karena uang ini (Gaji ke-13) sama kayak bonus. Jangan sampai mempengaruhi gaya hidup. Biasanya ngopi sachet, tiba-tiba ganti ke coffee shop. Kan bahaya." ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (11/8/2020).

Menurutnya, alokasikan penggunaannya untuk membayar atau mengurangi utang, disisihkan untuk investasi, dan sisa gajinya bisa digunakan sebagai dana untuk konsumsi.

Selain itu, uang tersebut juga bisa digunakan bagi PNS yang ingin membayar dana pendidikan sekolah anak atau untung saving pribadi.

Baca Juga: Dana Darurat Wajib Disiapkan, untuk Apa Saja?

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, gaji ke-13 bisa dibelanjakan produk dalam negeri. Di mana saat ini, pemerintah terus mendorong penggunaan produk dalam negeri pada UMKM Indonesia.

"Karenanya saya mengajak mereka yang baru saja menerima gaji ke-13, ayo gunakan gaji ke-13 dengan bijak. Belilah produk-produk buatan Indonesia. Bersama-sama kita bangkitkan industri dalam negeri khususnya UMKM Indonesia," tulis Sri Mulyani.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini