Bantuan UMKM Rp2,4 Juta Bakal Cair 17 Agustus

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 320 2260328 bantuan-umkm-rp2-4-juta-bakal-cair-17-agustus-ZdcWWqhxij.jpg Rupiah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan bantuan untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang belum memiliki akses ke perbankan sebesar Rp2,4 juta akan segera cair.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, program tersebut akan diluncurkan bulan ini. Program ini akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Kita rencananya yang Rp2,4 juta ini dengan data yang ada yang sekarang sedang di-clean-kan akan diluncurkan pada bulan Agustus ini. Mungkin sesudah atau pada saat 17 Agustus nanti oleh Bapak Presiden atau menterinya yang memang ini programnya sudah diumumkan," kata Sri Mulyani dalam webinar, Selasa (11/8/2020).

Baca Juga: Alasan Jokowi Gelontorkan Bantuan UMKM hingga Pekerja Gaji di Bawah Rp5 Juta

Sri Mulyani melanjutkan bantuan ini akan diberikan kepada 12 juta UMKM. Adapun, pemerintah sedang menyusun data UMKM yang akan mendapat bantuan agar tepat sasaran.

"Saat ini pemerintah sedang pusatkan segmen masyarakat ini pembayaran cicilan pemerintah memberikan bansos produktif dan pemerintah berikan kredit baru dan kepada usaha rumah tangga tersebut jadi pemerintah bisa tingkatakan usaha mikro yang belum terkoneksi perbankan," katanya.

Baca Juga: Bantuan UMKM Rp2,4 Juta Sebentar Lagi Cair

Sri Mulyani menambahkan pemerintah menggunkan seluruh kebijakannya bagi pusat maupun daerah. Apalagi, peranan pemerintah daerah juga sangat penting menopang pertumbuhan ekonomi.

"Pemerintah dalam saat ini hingga sekarang fokus untuk menghidupkan kembali ekonominya namun ini tetap dilakukan dengan terukur di mana dari sisi perekonomian," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini