Hemat saat Resesi Ekonomi RI di Depan Mata, Kurangi Jajan Boba

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 320 2261585 hemat-saat-resesi-ekonomi-ri-di-depan-mata-kurangi-jajan-boba-rawcbxAjYL.jpg Tips Mengelola Keuangan untuk Milenial. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Ekonomi Indonesia berada diambang resesi, setelah pada kuartal ke II ekonomi minus 5,3% secara tahunan (year on year/yoy). Ekonomi kuartal III pun menjadi penentu apakah Indonesia masuk resesi atau tidak.

Menyikapi kondisi ekonomi tersebut, menurut Perencana Keuangan Andi Nugroho, masyarakat mulai menghentikan sementara pengeluaran yang sifatnya untuk tidak penting. Termasuk kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman kekinian seperti boba atau kopi kekinian.

"Misalnya oh pengen jajan boba, kopi (kekinian) hal-hal seperti itu yang saran saya dikurangi lagi," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (13/8/2020).

Baca Juga: Ekonomi RI di Ambang Resesi, Investasi Apa yang Cuan?

Selain itu, pesan makanan lewat lewat aplikasi online juga harus dikurangi sedikit demi sedikit. Karena memesan makanan lewat aplikasi cukup menguras uang ditambah ongkos kirimnya.

"Makan nasi pasti kita perlu cuma kan bosan deh, misalnya makanan yang pakai pesanan ojol dan mungkin harganya lebih mahal," tuturnya.

Di saat resesi yang mengintai, ada baiknya mengeluarkan uang sesuai kebutuhan dan bukan keinginan. Karena antara kebutuhan dan keinginan memiliki makna yang berbeda.

Baca Juga: Bantuan Karyawan Rp600.000/Bulan Bisa Tingkatkan Konsumsi?

Kebutuhan merupakan sesuatu hal yang jika tak dipenuhi akan berpengaruh pada aktivitas dan kehidupan. Sedangkan keinginan adalah sebaliknya.

"Misalnya makan kebutuhan kita makan, kalau enggak makan minimal makan nasi rames atau uduk. Kalau kita enggak makan minimal kita akan lemas, tidak ada energi. Oh makannya sudah terpenuhi terus ada gorengan kayaknya enak ya. Tapi misalnya kalau gorengan tersebut kita enggak beli impactnya tidak masalah," kata Andi.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini