Sumner Redstone, Miliarder Media AS Meninggal Dunia di Usia 97 Tahun

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 320 2261657 sumner-redstone-miliarder-media-as-meninggal-dunia-di-usia-97-tahun-7YflfaOF9Z.jpg Sumner Redstone (Foto: CNN)

JAKARTA - Miliarder media Sumner Redstone meninggal dunia pada Selasa 11 Agustus 2020 waktu Amerika Serikat. Sumner meninggal pada usia 97 tahun.

Pada puncak bisnisnya, Sumner Redstone memiliki CBS dan Viacom (VIACA), yang merupakan perusahaan induk dari sejumlah anak perusahaan mulai dari Paramount Pictures dan MTV hingga Comedy Central dan Spike TV.

 Baca juga: CEO Apple Tim Cook Resmi Jadi Miliarder Dunia, Susul Jeff Bezos

"Ayah saya menjalani kehidupan luar biasa yang tidak hanya membentuk hiburan seperti yang kita kenal sekarang, tetapi juga menciptakan warisan keluarga yang luar biasa," kata putri Sumner, Shari Redstone, dikutip dari CNN, Kamis (13/8/2020).

"Melalui itu semua, kami berbagi cinta yang besar satu sama lain dan dia adalah ayah, kakek dan kakek buyut yang luar biasa. Saya sangat bangga menjadi putrinya dan saya akan selalu merindukannya," imbuhnya.

Berita kematiannya diumumkan pada Rabu oleh juru bicara keluarga. Tahun-tahun terakhir Redstone,dihabiskan untuk turun ke dalam kontroversi dan pertempuran hukum. Termasuk Proses pengadilan di mana mantan pacar menggambarkan sebagai "hantu hidup" yang terobsesi dengan seks.

 Baca juga: 5 Organisasi Nirlaba dengan Penghasilan Terbesar di Dunia, Tertinggi Rp108,26 Triliun

Mantan pacar Redstone, Manuela Herzer, berusaha membuktikan bahwa dia tidak kompeten dan di bawah pengaruh yang tidak semestinya dari Shari Redstone. Ketika itu,dia mengusirnya dari mansionnya dan mencabut otoritasnya untuk membuat keputusan perawatan kesehatan untuknya.

Namun akhirnya, tuntutan hukum tersebut diselesaikan pada Januari 2019. Seorang hakim membatalkan gugatan tersebut setelah menonton deposisi Redstone yang direkam dalam video, yang berjuang untuk menjawab pertanyaan tetapi meyakinkan hakim tentang kompetensinya sebagian dengan melontarkan kutukan ketika nama mantan pacarnya disebutkan.

Sebagai bagian dari pertarungan hukum, CEO Viacom saat itu, Philippe Dauman menuduh Herzer yang kira-kira 40 tahun lebih muda dari Redstone - hanya peduli dengan uangnya. Sebagai catatan harga kekayaan Redston berdasarkan majalah Forbes adalah USD4,6 miliar atau sekitar Rp68,2 triliun (mengacu kurs Rp14.700 per USD)

Setelah perjuangan itu, Shari Redstone akhirnya muncul dengan kendali. Shari berusaha untuk mendorong merger yang akan menyatukan kembali CBS dan Viacom. Kombinasi seperti itu akan membatalkan keputusan impulsif ayahnya untuk memisahkan kedua perusahaan pada tahun 2006.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini