Hadapi Krisis Pangan, Presiden Jokowi Laporkan Perkembangan Food Estate di Indonesia

Felldy Utama, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 20 2262057 hadapi-krisis-pangan-presiden-jokowi-laporkan-perkembangan-food-estate-di-indonesia-ckEYflr8iB.jpg Presiden Jokowi di Sidang Tahunan 2020 (Foto: Youtube)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaporkan perkembangan pembangunan Food Estate di Indonesia sebagai upaya ketahanan pangan nasional guna menindaklanjuti peringatan tentang ancaman krisis pangan Internasional di tengah pandemi Covid-19 seperti yang dikeluarkan oleh Organisasi Pangan Dunia (FAO).

Jokowi menyampaika bahwa dalam rangka ketahanan pangan nasional, menjamin kelancaran rantai pasokan makanan dari hulu produksi sampai hilir distribusi, ke seluruh wilayah negeri. Efisiensi produksi pangan, peningkatan nilai tambah bagi petani, penguatan koperasi, dan metode korporasi petani akan terus ditingkatkan pemerintah.

 Baca juga: Berkaca di Merauke dan Kalbar, Food Estate di Kalteng Jangan Gagal Lagi

"Food estate sedang dibangun untuk memperkuat cadangan pangan nasional, bukan hanya di hulu, tetapi juga bergerak di hilir produk pangan industri," kata Jokowi dalam pidatonya di sidang tahunan yang digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Dalam kaitan ini, katanya, bukan lagi menggunakan cara-cara manual, tetapi menggunakan teknologi modern dan pemanfaatan kecanggihan digital. Jokowi mengatakan, nantinya hasil dari pengembangan Food Estate ini juga bukan hanya diperuntukkan bagi pasar domestik, tetapi juga untuk pasar internasional.

 Baca juga: Menko Airlangga Rapatkan Barisan Bahas Pembukaan Sawah Baru di Kalteng

"Saat ini sedang dikembangkan food estate di Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Sumatera Utara, dan akan dilakukan di beberapa daerah lain," ujarnya.

"Program ini merupakan sinergi antara pemerintah, pelaku swasta, dan masyarakat sebagai pemilik lahan maupun sebagai tenaga kerja," tutur dia melanjutkan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini