Bamsoet Ingatkan Jokowi Ancaman Krisis Pangan Imbas Covid-19

Abdul Rochim, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 320 2262091 bamsoet-ingatkan-jokowi-ancaman-krisis-pangan-imbas-covid-19-VnhORsQgUb.jpg Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) menyebutkan ancaman krisis pangan akibat pandemi Covid19. ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, pertarungan dalam memenuhi dan mengawal ketersediaan pangan akan menjadi penentu gerak bandul geopolitik global.

"Kondisi ini memaksa setiap negara merancang politik pangan, pertama-tama untuk kepentingan domestiknya," ujar Bamsoet saat memberikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

 Baca juga: Hadapi Krisis Pangan, Presiden Jokowi Laporkan Perkembangan Food Estate di Indonesia

Dalam kaitan ini, kata Bamsoet, sebagai Pimpinan MPR, pihaknya perlu mengingatkan bahwa produksi dalam negeri akan menjadi tumpuan utama bagi kita saat ini. Maka dari itu dibutuhkan fasilitas-fasilitas pendukung dalam memproduksi.

"Fasilitas produksi, seperti mesin dan peralatan pertanian, subsidi pupuk dan benih, serta fasilitas pendukung produksi lainnya, perlu menjadi prioritas bagi peningkatan produksi dalam negeri," katanya.

 Baca juga: Berkaca di Merauke dan Kalbar, Food Estate di Kalteng Jangan Gagal Lagi

Mengingat 93% mayoritas petani Indonesia adalah petani kecil, kata mantan Ketua DPR RI ini maka fasilitas dan bantuan sangat dibutuhkan agar mereka terbantu untuk meningkatkan kinerja produksinya.

"Dalam situasi pandemi saat ini, selain fasilitas atau bantuan, diperlukan juga protokol produksi yang dapat menjamin kualitas dan keamanan pangan yang terbebas dari Covid-19," tuturnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini