5 Model Pengelolaan Bisnis Keluarga

Safira Fitri, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 320 2262195 5-model-pengelolaan-bisnis-keluarga-fiFofPHYTa.jpeg Ilustrasi Tips Memulai Bisnis (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Banyak jenis bisnis yang dapat kita temui sehari-hari, nilai dari bisnis keluarga dan non keluarga. Masing-masing golongan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Melansir dari buku "Kiat Sukses Bisnis Keluarga: Pembahasan 50 Kasus Bisnis Keluarga" oleh Nyoman Marpa, Jakarta, Jumat (14/8/2020), bisnis keluarga memiliki ukuran dan kompleksitas yang berbeda, maka Alberto Gimano menggolongkan model-model yang biasanya berlaku dalam pengelolaan bisnis keluarga.

1. Captain Model

Model ini bisanya berlaku untuk bisnis keluarga yang masih muda, berskala kecil dengan kompleksitas yang masih rendah. Bisnis dikendalikan oleh pemilik yang juga menjadi "kapten kapal" yang mengendalikan seluruh aspek dari bisnis yang dimaksud.

Baca Juga: 5 Keunggulan Bisnis dengan Keluarga, Lebih Fleksibel

2. Emperor Model

Model ini berlaku untuk bisnis keluarga yang lebih dewasa, dengan ciri-ciri anggota keluarga yang tergabung sudah mulai bertambah, kompleksitas juga sudah lebih tinggi. Bisnis dikendalikan oleh pendiri dan satu dua anak yang sudah mulai bergabung.

3. FamilyTeam Model

Pada model ini kompleksitas keluarga semakin tinggi, ditandai sudah banyaknya anggota keluarga yang bergabung dalam bisnis. Kendali dan kekuasaan terbagi-bagi pada para anggota keluarga, dalam skala bisnis yang belum terlalu besar.

Baca Juga: Bisnis Minuman Teh Kekinian, Baca 7 Hal Penting Ini

4. Professional Family Model

Model ini terjadi pada saat para anggota keluarga juga merupakan profesional yang memiliki kompetensi dalam mengelola bisnis, disertai dengan kompleksitas bisnis yang tinggi seiring dengan skala bisnis yang membesar. Walaupun dikelola oleh keluarga, bisnis keluarga dengan model ini memiliki organisasi yang kuat

5. Corporatin Model

Pada model ini merupakan bentuk tertinggi dari pengelolaan bisnis keluarga, ditandai oleh organisasi bisnis yang sangat kuat dan adanya pemisahan antara bisnis dan keluarga. Keluarga bisanya berada pada ownership side, sedangkan management side sepenuhnya dikelola secara profesional.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini