4 Cara Mulai Bisnis Susu Kedelai, Salah Satunya Tak Butuh Tempat Besar

Natasha Oktalia, Jurnalis · Sabtu 15 Agustus 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 15 320 2262685 4-cara-mulai-bisnis-susu-kedelai-salah-satunya-tak-butuh-tempat-besar-BTv23xHDDx.jpg Susu Kedelai (Newhealtadvisor)

JAKARTA - Susu kedelai merupakan salah satu minuman favorit berbagai kalangan. Karena rasa gurih dan manis yang dihasilkan oleh susu tersebut.

Bahan dasar pembuatan susu ini adalah air, sari kedelai dan gula. Tentunya, bahan dasar kedelai yang dipilih juga kedelai yang mempunyai kualitas baik.

 Baca juga: 4 Kelemahan Jalani Bisnis Keluarga, dari Perencanaan hingga SDM-nya

Susu kedelai ini biasanya ditemui pada sejumlah pasar swalayan atau pedagang keliling dalam bentuk kemasan botol atau plastik.

Mengutip buku Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal Rp1 Juta karya A.Primasetra, Sabtu (15/8/2020), begini cara memulai usaha usaha susu kedelai:

 Baca juga: Budidaya Pohon Mangga, Setahun Untungnya Bisa Puluhan Juta

1. Pembuatan susu kedelai ini tidak membutuhkan tempat besar dan peralatan khusus. Dapur ukuran sedang beserta peralatan dapur yang tersedia bisa dimanfaatkan.

2. Siapkan bahan baku berupa kedelai organik dan kedelai hitam organik. Namun, untuk saat ini susu kedelai hitam belum cukup populer. Saat ini, susu kedelai yang populer adalah susu dengan perasa cokelat, stroberi, atau melon.

 Baca juga: 4 Tantangan Merintis Bisnis Bersama Keluarga

3. Beli bahan dan wadah plastik untuk pengemasan. Ingat, jangan memasukan susu kedalam wadah saat masih panas. Boleh juga, untuk pengemasan agar lebih menarik berikan sablon merek sebagai pengenal.

4. Lakukan promosi ke tetangga dan saudara. Promosi mulut ke mulut juga bsia, jangan lupa untuk menyebar brosur.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini