Jalani Usaha Minuman Kekinian, Harus Ikut Tren dan Bersih

Natasha Oktalia, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2020 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 320 2263387 jalani-usaha-minuman-kekinian-harus-ikut-tren-dan-bersih-yd4BzHooo0.jpg Es Thai Tea (Foto: Wookandskiilet)

JAKARTA - Menjalankan bisnis minuman menjadi pilihan banyak orang. Apalagi di kondisi tak menentu seperti saat ini. Pasalnya, ragam kemudahan juga diberikan oleh jenis usaha ini. Mulai dari proses pembuatan yang mudah hingga sistem penjualan yang bisa dilakukan dari rumah atau online.

Banyak jenis minuman yang saat ini ditawarkan, mulai dari minuman tradisional hingga minuman kekinian. Selain mudah, tentunya usaha ini mendatangkan keuntungan yang berlipat.

Baca Juga: Usaha Tanpa Modal di Tengah Covid-19

Untuk itu, dalam menjalankan usaha ini perlu memperhatikan kiat-kiat untuk menunjang keberhasilan usaha. Seperti yang dilansir dari buku Aneka Minuman Dingin & Hangat Untuk Usaha karya Tim Dapur Demedia, Jakarta, Senin (17/8/2020).

Pertama, minuman yang dihasilkan rasanya harus enak dan menarik. Minuman yang segar atau enak disajikan dengan kemasan menarik akan lebih menarik minat pembeli. Sebelum dipasarkan, lebih baik tanyakan pada orang-orang sekitar bagaimana rasa dan penampilan minuman tersebut.

Baca Juga: Jalankan Bisnis Sandal Kekinian, Jangan Segan Cari Tren Terbaru

Kedua, konsisten dalam menjaga mutu produk. Jagalah mutu dan produk, selalu membuat minuman dengan takaran bahan yang sama. Jaga sekali-sekali mengurangi takaran bahannya, atau menggantinya dengan bahan lain lebih murah. Bila harga bahan mahal, bisa disiasati dengan memperkecil gelas kemasan atau menaikkan harga jual.

Ketiga, memiliki produk yang diunggulkan. Sebaiknya jual satu jenis minuman terlebih dahulu sebagai pengenalan produk kita pada konsumen. Ini akan membuat konsumen 'teringat' pada produk. Setelah usaha jalan lancar, barulah kita jual bermacam-macam minuman.

Keempat, harga bersaing tanpa harus mengurangi mutu. Tentukan harga jual dengan perhitungan yang rinci, setelah itu cari tahu harga yang ditetapkan pesaing untuk produk yang serupa.

Kelima, jagalah kebersihan. Dapur atau kedai yang bersih dan bebas dari sampah serta debu. Kebersihan akan membuat betah untuk lama-lama di dalamnya.

Keenam, pelajari tren minuman hangat atau dingin yang sedang berkembang di masyarakat. Harus kreatif dalam menciptakan minuman baru. Sebagai sumber ide, kita bisa melihat dari aneka majalah atau dengan browsing internet.

Ketujuh, lakukan promosi. Melakukan promosi secara berkala sangat dianjurkan. Apalagi bila promosi tersebut dibarengi dengan diskon. Manfaatkan situs jejaring sosial untuk promosi gratis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini