Gaji Dipotong, saatnya Menambah Pemasukan dan Kurangi Pengeluaran

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 320 2266166 gaji-dipotong-saatnya-menambah-pemasukan-dan-kurangi-pengeluaran-s7jGRT5Vrz.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona membuat para dunia usaha terganggu. Akibatnya, banyak perusahaan yang memilih untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) atau merumahkan karyawannya.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, bagi korban PHK ada dua pilihan yang bisa dilakukan agar keuangan tetap stabil atau setidaknya sampai yang bersangkutan mendapatkan pekerjaan baru.

Baca Juga: Dear Korban PHK, Berikut Tips Mengelola Pesangon agar Tak Cepat Habis 

Pilihan pertama adalah dengan menambah pemasukannya dan yang kedua adalah dengan mengurangi pos pengeluaran.

"Buat teman-teman yang pekerja formal yang karyawan segala macem kemudian ekstremnya kan ada beberapa orang yang gajinya terpotong gitu kan oleh perusahaan. Mau enggak mau pilihannya ada dua, menambah pemasukan atau mengurangi pengeluaran," ujarnya saat dihubungi Okezone, Minggu (23/8/2020).

Adapun cara untuk mengurangi pos pengeluaran adalah dengan mengehentikan dahulu yang sifatnya foya-foya. Bahkan menurutnya, jika memang harus mengurangi kualitas makan bisa juga dilakukan.

"Mengurangi pengeluaran pertama dikurangi pengeluaran pengeluaran yang bersifat leisure men yang bersifat senang-senang. Bahkan kalau perlu kualitas makan dikurangi ya kita kurangi lah atau mungkin jadi enggak lagi jajan di luar kebutuhan pokoknya," jelasnya.

 

Menurut Andi, hal yang biasanya membuat bocor pengeluaran adalah kebutuhan makan yang sifatnya jajan. Seperti membeli kopi, makan di restoran atau kafe yang terkadang tidak disadari.

"Jadi yang biasanya bikin bocor pengeluarannya contohnya jajan beli kopi, beli boba makanya yang kita pesan antar enggak berasa tuh ongkirnya cepat kena jadi yang dikurangi itu. Jadi kualitas makanya diturunin lah," kata Andi

Lanjut Andi, jika keberatan mengurangi pengeluaran maka yang harus dilakukan adalah menambah penghasilan. Karena dalam beberapa kasus, meskipun sudah mengurangi pengeluaran namun tetap tidak bisa tercukupi.

"Cuma kalau mengurangi pengeluaran kan pasti ada satu titik yang enggak mungkin dikurangi lagi. Contohnya misalnya oh kualitas makan udah dikurangi bahkan ada yang bela-belain puasa Senin kamis. Ternyata masih kurangi juga gamungkin dia puasanya seminggu full kan kurang baik juga," kata Andi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini