Share

Bangun Pelabuhan di Timur Indonesia Pakai Surat Utang Syariah

Ferdi Rantung, Jurnalis · Senin 24 Agustus 2020 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 320 2266473 bangun-pelabuhan-di-timur-indonesia-pakai-surat-utang-syariah-W8gdIAykQb.jpg Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Okezone.com/Dok. Kemenhub)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah berupaya membangun konektivitas di Indonesia bagian timur. Tujuannya, memeratakan dan meningkatkan potensi ekonomi di wilayah tersebut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan,pihaknya mempunyai anggaran dari surat berharga syariah negara untuk membangun Pelabuhan Seba di Nusa Tenggara Timur (NTT). Rencana, pelabuhan itu akan menjadi hub di Indonesia bagian timur.

"Di tahun ini kita mempunyai beberapa anggaran dari surat berharga syariah negara yang lewat APBN kita akan membangun pelabuhan SeBa di NNT" Kata Budi dalam Webinar transportasi laut, Senin (24/8/2020).

Baca Juga: Mau Liburan Naik Kapal Laut, Simak Caranya di Sini

Dia menyampaikan, bahwa pembangunan pelabuhan ini merupakan bagian dari tol laut, agar dapat menekan disparitas harga di wilayah Indonesia Timur. Sehingga potensi ekonomi di masyarakat bertambah baik.

"Dengan adanya hub dan tol laut, harga-harga sembako bisa dijangkau oleh masyarakat dan potensi ekonomi di masyarakat dapat bertambah baik" terangnya

Budi menambahkan, salah satu manfaat tol laut untuk angkutan barang dan ternak di wilayah timur. Dia mencontohkan, sudah ada jutaan ekor sapi dari NTT yang menggunakan tol laut.

Baca Juga: Rayakan HUT ke-75 RI, 35.454 Penumpang Menyeberang dari Jawa ke Sumatera

"Tol laut sudah mengangkut jutaan sapi dari NTT ke Jawa Timur bahkan saat hari raya kita angkut ke dumai." ungkapnya.

Budi menegaskan, bahwa pihaknya akan mengoptimalkan transportasi laut guna menjadi backbone perekonomian.

"Kita akan optimalkan semua transportasi supaya semua daerah menjadi wilayah yang potensial. Transportasi maju, Indonesia Maju," pungkasnya

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini