Menteri PUPR Dukung 100% Relaksasi Kemudahan Beli Rumah

Ichsan Amin, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 470 2267317 menteri-pupr-dukung-100-relaksasi-kemudahan-beli-rumah-s2bwE2tzco.jpg Menteri Basuki saat Pamerah Hari Perumahan Nasional. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai pentingnya memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pembangunan dan pelayanan perumahan nasional.

Dirinya mencontohkan, pelayanan perumahan akan terus didukung oleh kementeriannya dalam memberikan hunian yang layak bagi masyarakat, termasuk adanya relaksasi regulasi.

“Regulasi direlaksasi untuk memberikan kemudahan masyarakat memiliki rumah, saya dukung 100%. Tapi terkait dengan kualitas pembangunan rumah mau direlaksasi saya tegas menolak. Kualitas konstruksi rumah harus sesuai standar laik,” ujarnya, membuka pameran virtual Hari Perumahan Nasional di Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Baca Juga: Hari Perumahan Nasional, Program Sejuta Rumah Wujudkan Gagasan Bung Hatta

Di sisi lain, sosialisasi mengenai bantuan uang muka dengan bunga rendah 5% juga harus terus dilakukan ke masyarakat.

“Hak-hak konsumen masih ada yang masih belum tahu, terutama soal bantuan uang muka. Selama ini banyak yang tidak tahu uang muka itu dari APBN. Uang muka itu digunakan untuk mengurus notaris dan lain-lain pada saat akad. Jadi ini perlu disosialisasikan terus,” ungkapnya.

Baca Juga: Suara Anak Bung Hatta: Rumah Layak di Tengah Pandemi

Menteri Basuki berharap penyelenggaraan pameran perumahan virtual ini dapat dimanfaatkan sebagai momentum kebangkitan industri properti bersama-sama menitikberatkan komunitas perumahan, baik bank kreditur, asosiasi pengembang, atau Lembaga Jasa Keuangan.

Pameran Perumahan yang digelar Kementerian PUPR sekaligus meresmikan akad rumah secara nasional sebanyak 16.000 akad dengan calon debitur bersama mitra perbankan yang dilakukan secara virtual di seluruh wilayah Indonesia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini