Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp29 Triliun dari Dana Pemerintah, Terbanyak untuk Sektor Ini

Aditya Pratama, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 278 2267768 bank-mandiri-salurkan-kredit-rp29-triliun-dari-dana-pemerintah-terbanyak-untuk-sektor-ini-KnCsW2tWNO.jpg Uang Rupiah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah telah menempatkan dana sebesar Rp30 triliun di Himpunan Bank Negara (Himbara) sebagai salah satu program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Dari penempatan tersebut, Himbara diharapkan bisa menyalurkan kredit dengan 2 hingga 3 kali dari nilai simpanan.

Direktur Manajemen Risiko PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) Ahmad Siddik Badruddin menyampaikan, pada program tersebut pihaknya sampai saat ini telah berhasil menyalurkan kredit sebanyak Rp29 triliun dari penempatan dana sebanyak Rp10 triliun.

"Sampai saat ini kita sudah bisa memberikan kredit sebesar Rp29 triliun, target kami sebelumnya adalah tiga kali lipat dari dana Rp10 triliun untuk pemberian kredit sampai dengan Rp30 triliun," ujar Ahmad dalam Public Expose Live, Rabu (26/8/2020).

"Target dicapai di bulan September 2020, sampai bulan Agustus 2020 kita sudah mencapai Rp29 triliun," sambungnya.

Baca Juga: Tumbuh Positif, Kredit Konsumsi Bank Mandiri Naik 3,56 Persen 

Dari total kredit yang sudah disalurkan sebanyak Rp29 triliun, Ahmad menjelaskan ada 10 besar sektor industri yang diberikan bantuan kredit, yaitu industri pupuk dan obat hama, industri jasa keuangan, sektor fast moving consumer goods (FMCG), sektor konstruksi, sektor pertanian dan kehutanan.

Lalu, sektor peralatan rumah tangga, sektor pertanian dan perikanan, sektor hotel restoran dan akomodasi, sektor perdagangan dan yang terakhir sektor semen dan bahan bangunan lainnya.

"Jadi, itu sekitar 80% dari pemberian kredit masuk ke top ten sektor tersebut dan cukup merata," ucapnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini