Berada di Titik Terendah, Ekonomi Indonesia Bisa Bangkit pada Kuartal III-2020

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 29 Agustus 2020 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 29 320 2269424 berada-di-titik-terendah-ekonomi-indonesia-bisa-bangkit-pada-kuartal-iii-2020-9H5cfGTkb7.jpg Ekonomi Indonesia Bisa Bangkit pada Kuartal III-2020. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTAEkonomi Indonesia dinilai sudah masuk ke titik terendah akibat pandemi Covid-19 . Hal tersebut terjadi saat aktivitas masyarakat mulai dibatasi atau penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan beberapa waktu lalu.

Menurut Salah Satu Pengusaha Indonesia Sandiaga Uno, perekonomian Indonesia akan kembali bangkit pada kuartal III-2020. Hal tersebut karena adanya pelonggaran PSBB di beberapa daerah, sehingga aktivitas ekonomi mulai pulih.

Baca Juga: Erick Thohir: Mudah-mudahan Ekonomi Tak Minus 10%

“Kalau kita lihat proses rebound akan dimulai kuartal III. Saya nayatakan kita sudah ada di titik terendah ekonomi kita,” kata Sandiaga dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Universitas Sriwijaya, Sabtu (29/8/2020).

Menurut dia, suatu daerah atau negara bisa bangkit dari sebuah krisis bila iklim dunia usahanya menunjukkan tren positif. Salah satu indikator yaitu seseorang yang menjadi wirausaha semakin bertambah.

“Sriwijaya kembali eksis dengan pendekatan-pendekatan kekinian. Potensi ekonomi negeri Indonesia bisa ditopang dari Sumatera Selatan. Syaratnya anak muda harus tergerak memiliki semangat kewirausahaan,” ujarnya.

Baca Juga: 4 Tanda Negara Jatuh ke Jurang Resesi

Menurutnya, seorang wirausaha juga harus pintar melihat peluang agar produknya diminati masyarakat di pasar. Misalnya, memanfaatkan kearifan lokal untuk dijadikan sebuah produk yang akan dijual.

Selain itu, pemanfaatan transformasi teknologi juga harus dimanfaatkan oleh seluruh pengusaha di era pandemi ini.

“Kekuatan dari kearifan lokal syarat sukjses. Kita harus manfaatkan potensi ekonomi, juga kuasai tekonologi digital dengan sektor bidang kesehatan dan makanan,” katanya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini