Share

Bos BI Ingin UMKM Tembus Era Digitalisasi

Rina Anggraeni, Sindonews · Minggu 30 Agustus 2020 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 30 320 2269725 bos-bi-ingin-umkm-tembus-era-digitalisasi-H50FGfVxGv.jpg Ekonomi Digital (Shutterstock)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menilai kreativitas, digitalisasi, dan sinergi merupakan kunci untuk menciptakan nilai tambah dalam memajukan UMKM. Terutama sebagai kekuatan baru perekonomian nasional di era digital.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan menggandeng pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk mengembangkan pasar Usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk tembus pasa internasional.

 Baca juga: Program Bantuan UMKM, Jalan Baru untuk Kredit Perbankan

"Kita siapkan UMKM-UMKM ini dengan berbagai pengembangan untuk ditingkatkan kewirusahaan, sambungkan akses keuangan tingkatkan platform digital sehingga menembus era digital sebagai sumber kekuatan ekonomi baru. Kita pun sinergi dengan Kementerian Luar Negeri bagaimana peran kedutaan besar seluruh dunia terus menggebrak, membuka pasar-pasar umkm di seluruh dunia," ujar Perry dalam pembukaan acara Karya Kreatif dalam video virtual, Minggu (30/8/2020).

Menurutnya, digitalisasi UMKM menjadi warna khsusu baik dari ekonomi Indonesia. BI akan terus bikin dan dorong digitalisasi melalui digitalisasi sitem pembayaran semakin banyak.

 Baca juga: Go Digital, Wishnutama: Bersaing Jangan Hanya dengan Produk Lokal

"Ini menyambungkan pasar digital ini bukti sinergi sangat kuat antara pemerintah BI dan berbagai pihak seperti Perbankan, asosiasi, industri sinergi akan yakinkan kita UMKM daya saing untuk go ekspor," jelasnya.

Menurutnya, digitalisasi melalui inisiasi UMKM Go Digital dan integrasi ekonomi keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan andal.

"Sinergi kebijakan nasional pusat dan daerah dengan memprioritaskan sektor-sektor, memperkuat model bisnis yang terintegrasi, dan secara end to end mendorong kemajuan UMKM," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini