Sesuaikan Warna untuk Suatu Ruangan Berdasarkan Mood, Begini Pilihannya

Safira Fitri, Jurnalis · Minggu 30 Agustus 2020 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 30 470 2269804 sesuaikan-warna-untuk-suatu-ruangan-berdasarkan-mood-begini-pilihannya-1Y97PtqvlS.jpg Dekorasi Rumah (Foto: Idealhome)

JAKARTA - Warna merupakan salah satu elemen paling penting dalam desain interior. Selain memperindah tampilan ruangan, keberadaan warna juga dapat mempengaruhi suasana hati atau mood pengguna ruang tersebut.

Selain itu, warna juga dapat menjadi alat terapi psikologis. Hal ini bisa dilakukan jika terjadi kesesuaian antara mood ruang dan mood pengguna ruang.

Baca juga: Ada Mural Edukatif di Pademangan, Netizen: Mantap daripada Pylox

Melansir dari buku "99 Inspirasi Warna Interior Rumah Tinggal" oleh Wirania Swasty, Jakarta, Minggu (30/8/2020), terdapat beberapa jenis warna mood untuk ruangan. Beberapa di antaranya seperti tenang, bersahaja, kreatif, kekeluargaan, dan bersemangat.

Warna-warna tersebut dapat dipresentasikan melalui kombinasi warna yang berbeda dan menghasilkan terapi warna yang berbeda pula. Berikut kombinasi warna yang dapat diaplikasikan sesuai keinginan:

Baca juga: Biar Tak Bosan Masak, Intip 10 Warna Cat Dapur Anti-Mainstream

1. Tenang - Kamar Tidur Anak

Warna yang dipadukan adalah abu-abu mutiara, lavender, dan putih kapas. Warna ungu lavender sesuai untuk anak putri yang menginginkan ketenangan dalam kamarnya. Warna ini cenderung berkesan tenang dan tidak menyolok mata.

Lalu perpaduan dengan warna putih dan abu yang netral, seperti pada lantai, tirai, dan sofa tanpa senderan punggung.


2. Bersahaja - Kamar Tidur Utama

Warna yang dipadukan antara lain beige, cokelat kayu tua, dan putih gading. Warna putih kerap kali dipakai pada desain modern. Selain itu, putih gading (broken white) cocok diterapkan dalam kamar tidur karena intensitas warnanya tidak secerah putih murni (off white).

Baca juga: 6 Pilihan Warna Pintu Rumah yang Tak Terpikirkan

Skema warna putih gading monokromatis mampu menghadirkan atmosfer bersahaja, tetapi tetap elegan. Dipadukan dengan warna cokelat, kayu yang gelap, warna putih gading semakin mencuat.

Finishing material yang berkesan mewah terlihat pada bahan pelapis kursi dan finishing yang mengilap pada material kayu dan lantai.

3. Kreatif - Ruang Dapur

Warna yang dipadukan adalah kuning tangerine, persik, dan putih kerang. Agar dapur tampak lebih berkarakter, beri sentuhan warna yang mengundang selera seperti kuning tangerine.

Warna jeruk ini membawa energi kreatif dan imajinatif bagi yang memandangnya. Jika warna permukaan table top sudah mencolok, gunakan warna putih pada dinding dan pintu lemarikabinet agar warna kuning dan persih pada mozaik dinding dan kabinet dapur lebih menonjol.

Komposisi warna terang dan netral membuat ruang dapur terasa nyaman.


4. Kekeluargaan - Ruang Makan

Warna yang dipadukan adalah cokelat cherry, kuning sungkai, dan putih gading. Warna kuning yang hangat dapat menciptakan suasana intim dan akrab di ruang makan. Warna kuning dihadirkan pada setiap elemen interior, seperti lantai parket dan furnitur kayu. Bahkan partisi dan kusen jendela dari bahan kayu sungkai pun diberi warna senada.

5. Bersemangat - Kamar Tidur Anak

Warna yang dipadukan adalah biru langit, jingga, dan persik. Kamar anak perempuan kali ini memadukan antara warna jingga yang penuh semangat dengan biru yang damai.

Pemakaian warna jingga dipadukan warna biru menciptakan suasana yang ceria. Proporsi warna jingga dan warna biru dalam ruang ini terbagi rata, misalnya dinding jingga diberi tirai biru dan ditempatkansofa jingga di depannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini