Cara Dekor Ruang Belajar Anak, Salah Satunya Kasih Rumus Einstein

Safira Fitri, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 470 2270081 cara-dekor-ruang-belajar-anak-salah-satunya-kasih-rumus-einstein-4pQRv9YmOD.jpg Ruang Belajar (Shutterstock)

JAKARTA - Kegiatan belajar mengajar di masa new normal saat ini dilaksanakan di rumah secara menyeluruh. Oleh sebab itu, orang tua perlu menyiasati agar anak mau tetap belajar sesuai dengan jadwal yang ada, salah satunya dengan membuat ruang belajar yang dapat membuat anak tetap betah untuk belajar di rumah.

Gunakan kreativitas untuk dapat menghasilkan ruang belajar yang digemari anak atau bahkan bisa menginspirasinya. Melansir dari buku "Seri Gambar Ruang 3D: 22 Desain Ruang Belajar Anak" oleh Imelda Akmal Architecture, Jakarta, Minggu (30/9/2020), usia remaja yang sedang dalam masa mencari jati diri membutuhkan seorang tokoh idola yang dapat menjadi inspirasnya.

 Baca juga: Bingung Punya Ruang di Bawah Tangga untuk Apa, Begini 6 Cara Menyiasatinya

Biasanya tokoh idola ini adalah tokoh berpengaruh, baik itu seniman, olahragawan, bahkan ilmuwan. Dalam hal ini, tokoh ilmuwan Albert Einstein dengan temuan rumusnya, yakni E = mc2, bisa menjadi inspirasi besar bagi ruang belajar anak seperti berikut.

Ruang belajar anak hanya diperlukan memakai satu sisi ruang selebar tiga meter. Meja belajar ditempatkan di sudut ruang, dengan bentuk yang unik menyerupai huruf E kapital.

 Baca juga: 6 Jenis Kolam Air Minimalis yang Dapat Bikin Rumah Tenang

Bidang terbawah merupakan alas untuk menyimpan barang, bidang tengah merupakan bidang kerja, dan bidang teratas menjadi tempat meletakkan diwnlighting.

Di sampingnya terdapat kabinet pendek dan ambalan berbentuk huruf C menggantung di dinding. Karakterisasi Albert Einstein semakin dilengkapi dengan lukisan dan karikatur tokoh tersebut yang digantung di dinding.

 Baca juga: Ciptakan Ruang Keluarga Nyaman tapi Stylish, Kap Lampu Jadi Solusi

Selain unsur dekoratif, penting untuk mendekatkan posisi meja belajar anak dengan posisi jendela. Dengan begitu, cahaya alami akan masuk. Agar mata tidak cepat lelah, tetap dibutuhkan bantuan pencahayaan buatan.

Selain memanfaatkan downlighting, Bisa juga memasang lampu belajar yang disorot langsung ke atas bidang kerja.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini