Mendag Ungkap E-Commerce Solusi Tingkatkan Perdagangan di Era Covid-19

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 320 2271041 mendag-ungkap-e-commerce-solusi-tingkatkan-perdagangan-di-era-covid-19-uwAP6z6kiY.jpg Belanja Online (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menilai bahwa perdagangan secara online atau menggunakan platform e-commerce merupakan solusi untuk meningkatkan perdagangan di tengah pandemi COVID-19. Dia mengatakan, hal ini menjadi penting sebab perdagangan yang merupakan salah satu kunci pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kemendag menyadari e-commerce adalah salah satu solusi mengatasi dampak ekonomi dari pandemi COVID-19. Kami mendukung kegiatan e-commerce sebagai solusi agar pedagang bisa meningkatkan pendapatan dan penjualan tanpa harus bergerak secara fisik," kata Agus dalam webinar "Peran E-Commerce Jaga Roda Ekonomi di Tengah Pandemi", Selasa (1/9/2020).

 Baca juga: Rahasia Sukses Bisnis Online bagi Ibu Rumah Tangga

Agus menambahkan, dalam hal ini pemerintah akan memberikan dukungan terhadap pengembangan e-commerce. Sehingga, perdagangan dapat terus bergerak, terutama produk UMKM melalui penggunaan e-commerce.

"Kami berharap e-commerce dapat memberikan ruang bagi produk dalam negeri, serta juga meningkatkan daya saing pelaku UMKM" jelasnya.

Baca juga: Belanja e-Commerce Tembus Rp20,7 Triliun, Beli Sembako pun Sekarang Online

Sekedar informasi, berdasarkan data kemendag, kinerja perdagangan tercatat menurun di tengah pandemi. Ekspor migas dan non migas mengalami penurunan sebesar 6,21%, diikuti dengan impor migas dan non migas yang juga turun sebanyak 17,77% jika dibandingkan tahun lalu.

Namun, ada juga sektor yang menunjukkan tren positif. Dalam hal ini, Kemendag berharap UMKM Indonesia dapat memanfaatkan platform e-commerce guna meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini