10 Tips Hilangkan Kebiasaan Hidup Boros, Tobat dari Utang

Safira Fitri, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 622 2270754 10-tips-hilangkan-kebiasaan-hidup-boros-tobat-dari-utang-F5SaV4b5pm.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Tidak sedikit orang yang merasa sulit untuk meninggalkan kebiasaan hidup boros. Padahal, kalau dikalkulasikan jumlah pengeluaran yang seharusnya tidak terjadi tersebut mungkin sudah dapat digunakan untuk membeli aset.

Namun jangan khawatir, apabila yang tadinya boros merasa sulit untuk berhenti dari hidup boros, ikuti serangkaian tips berikut seperti dilansir dari buku "Bisa Saving, tapi Tetap Shopping" oleh John Afifi, Jakarta, Selasa (1/9/2020).

Baca juga: Dapat BLT Rp1,2 Juta, Pekerja Harus Prioritaskan Kebutuhan Ini

1. Buat anggaran belanja selama sebulan ke depan

Buatlah anggaran belanja selama sebulan ke depan. Susun daftar belanjaan secara rinci dan pastikan bahwa tidak ada yang terlewat satu pun. Apabila ada pengeluaran lain yang harus dibayar, masukkan juga dalam daftar anggaran.

2. Rutin menabung setelah gajian

Pastikan bahwa selalu rutin menabung setelah gajian, entah 10% atau 15% dari gaji. Jadikan menabung ini sebagai rutinitas wajib yang harus dilakukan setelah gajian agar punya simpanan yang cukup di masa depan.

Baca juga: BLT Subsidi Gaji Rp1,2 Juta Cair Hari Ini, Mau Dihabiskan untuk Apa?

3. Jangan mudah tergoda oleh penawaran

Saat berbelanja di mal atau supermarket, tentu akan ditemukan banyak sekali penawaran, baik dari sales langsung atau melalui katalog dan brosur. Nah, jangan mudah tergoda oleh penawaran tersebut. Ingat tidak ingin terjebak dalam hidup boros, bukan?

4. Membawa bekal makan siang

Membawa bekal makan siang sendiri kelihatannya sepele, tapi setelah dipraktikan ternyata bisa menghemat uang di dompet. Di saat ngantor atau bekerja, nyatanya makan siang memang cukup banyak menguras uang di dompet.

5. Membedakan keinginan dan kebutuhan

Secara umum, untuk bisa berhenti dari hidup boros adalah mengetahui mana keinginan dan mana kebutuhan. Jadi, untuk membeli suatu barang yang mengharuskan untuk mengeluarkan uang, perlu memikirkannya secara matang.

Jangan membeli karena menuruti emosi, harus bisa memilah apakah barang yang ingin dibeli merupakan kebutuhan atau keinginan saja.

6. Meminjam barang

Terkadang, ada kebutuhan mendadak yang harus segera dipenuhi. Agar terhindar dari hidup boros, tidak ada salahnya jika meminjam barang yang dibutuhkan, namun pastikan hanya sebentar alias diperlukan dalam jangka pendek.

Jangan buru-buru membeli karena hal itu dapat menambah pengeluaran. Jangan lupa juga, jika meminjam, perhatikan etikanya.

Baca juga: Jangan Lupa Beli Vitamin saat Rekening Terisi Bantuan Rp2,4 Juta

7. Batasi penggunaan kartu kredit

Kartu kredit sering membuat kantong jebol dan hidup semakin boros. Karena penggunaannya tanpa uang tunai, jadi merasa bebas membeli barang-barang sesuai yang diinginkan, hal ini bisa membahayakan pengeluaran hingga membuat tagihan kartu kredit membengkak.

8. Jual barang lama, beli barang baru

Apabila menginginkan sebuah barang baru, daripada membelinya dengan uang di dompet, lebih baik menjual barang lama, kemudian membeli barang baru dengan uang hasil penjualan tersebut.

9. Lupakan gengsi

Ketika serius untuk berhenti dari hidup boros, tentu saja harus mau melupakan gengsi. Misalnya, saat orang lain berbelanja, sibukkan diri dengan berhemat dan menjual barang-barang lama yang sudah tidak terpakai.

10. Tobat dari utang

Utang yang dimaksud di sini bukan hanya berupa cicilan kredit per bulan, tetapi juga pinjaman uang dari orang lain. Nah, apakah punya utang? Jika ya, segeralah memprioritaskan untuk melunasi utang tersebut dan berjanji pada diri sendiri tidak berutang lagi. (kmj)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini