Dapat BLT Rp1,2 Juta, Pekerja Harus Prioritaskan Kebutuhan Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 622 2270690 dapat-blt-rp1-2-juta-pekerja-harus-prioritaskan-kebutuhan-ini-lgXfEm8VAF.jpg Tips Mengelola Keuangan saat Mendapatkan Gaji Tambahan Rp1,2 Juta. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pekerja yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) berupa subsidi gaji sebesar Rp1,2 juta diharapkan segera membuat prioritas keuangan. Tujuannya supaya bantuan sosial (bansos) tersebut bermanfaat di tengah kondisi ekonomi yang tidak pasti akibat pandemi virus corona.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, pekerja harus mencari kebutuhan apa saja yang selama pandemi justru bertambah. Misalnya, kuota internet meningkat pemakaiannya karena harus kerja dari rumah.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Rp1,2 Juta Cair Hari Ini, Mau Dihabiskan untuk Apa?

"Karena sifatnya bantuan mungkin tidak bisa menutupi seluruh kebutuhan. Artinya ini sifatnya sebagai suplemen dari penghasilan yang sudah dimiliki keluarga," tuturnya saat dihubungi Okezone, Selasa (1/9/2020).

Untuk pemetaan alokasi dananya juga kembali pada kebutuhan masing-masing keluarga. Artinya tidak bisa ditetapkan harus berapa persen digunakan untuk makan dan berapa persen untuk kebutuhan lainnya.

Misalnya, satu keluarga dengan dua anak membutuhkan pengeluaran internet untuk kerja dan belajar online. Maka bisa dialokasikan untuk kuota sebesar Rp300.000 hingga Rp400.000.

Baca Juga: Dapat Subsidi Gaji Rp2,4 Juta, Begini Hitung-hitungan Pengelolaannya

"Lihat kebutuhannya dulu. Misalnya harus WFH, dua anak harus belajar di rumah, berarti kebutuhannya sekitar Rp300.000-Rp400.000," ujarnya.

Pada prinsipnya subsidi gaji ini merupakan bantuan kepada para pekerja. Apalagi, cukup banyak pekerja yang terkena pemotongan gaji akibat pandemi virus corona.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini