Geber Proyek Infrastruktur, RI Percepat Sertifikasi Tenaga Konstruksi

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 470 2271599 geber-proyek-infrastruktur-ri-percepat-sertifikasi-tenaga-konstruksi-Lqq0JALqZ1.jpg Infrastruktur (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah tetap memberikan sertifikasi tenaga konstruksi di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Sertifikasi penting untuk pembangunan infrastruktur karena sangat berarti untuk masyarakat.

“Di tengah situasi seperti saat ini, pembinaan tenaga kerja konstruksi tetap harus dilakukan. Untuk itu, saya berharap stakeholder jasa konstruksi pusat dan daerah untuk segera menindaklanjuti percepatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi dan pelatihan khususnya dalam proyek-proyek strategis agar tetap berjalan baik dan tetap sasaran,” kata Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Trisasongko Widianto dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Baca Juga: Cara Pak Bas Kembangkan SDM Konstruksi Lewat 11 Studi Master Super Spesialis 

Menurut Trisasongko pembangunan infrastruktur menjadi salah satu fokus utama Pemerintah. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan konektivitas dan merangsang pertumbuhan ekonomi yang sangat dibutuhkan masyarakat, apalagi di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini.

"Karena itulah sangat penting untuk memastikan pembangunan infastruktur dapat berjalan dengan baik sesuai program yang telah ditetapkan," katanya.

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pembangunan infrastruktur adalah ketersediaan tenaga kerja konstruksi yang kompeten dan tentunya bersertifikat, sebagaimana amanah Undang-Undang Jasa Konstruksi Nomor 2 Tahun 2017. Karenanya percepatan pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja konstruksi sangat penting.

Sebelumnya, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja konstruksi berkualitas, Kementerian PUPR telah melaksanakan Pembekalan/ Fasilitasi Uji Sertifikasi Vokasi Tingkat SMK di Wilayah Kepulauan Bangka Belitung, dan Pelatihan/Uji Sertifikasi Training Of Trainer (TOT) Level 3 Calon Instruktur Pelatihan Bidang Jasa Konstruksi di Lampung.

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyatakan sangat mengapresiasi Pelatihan dan Uji Sertifikasi yang dilakukan Kementerian PUPR untuk tenaga kerja konstruksi di wilayahnya.

“Hal ini akan menjadi modal yang berharga bagi warga masyarakat kami, karena sertifikat yang didapatkan bisa digunakan untuk memperoleh penghasilan apalagi di tengah situasi yang sulit seperti sekarang. Dan tentunya kami bisa membangun Infrastruktur wilayah kami agar semakin maju di masa mendatang," ungkap Erzaldi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini