Percantik Rumah dengan Aksen Kayu, Nuansanya Alam Banget

Natasha Oktalia, Jurnalis · Minggu 06 September 2020 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 06 470 2273321 percantik-rumah-dengan-aksen-kayu-nuansanya-alam-banget-qhS8cis0G9.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Kayu merupakan salah satu elemen alam yang biasanya digunakan untuk aksesori pada hunian. Bisa sebagai aksen lantai bahkan dinding hunian.

Penggunaan elemen kayu tersebut pada material bangunan baik dalam jumlah sedikit atau banyak akan memperkuat karakter yang ingin ditampilkan. Ketika aksen kayu dihadirkan dalam jumlah yang sedikit akan membuat kayu hanya terlihat sebagai benang merah dalam merangkai kekakuan hunian, namun jika aksen kayu dominan pada hunian, akan membuat bangunan menjadi berkesan kokoh dan menyatu dengan alam.

Baca juga: Bingung Punya Ruang di Bawah Tangga untuk Apa, Begini 6 Cara Menyiasatinya

Hadirnya kayu saat ini sebagai elemen atau aksen pada hunian semakin diminati. Salah satunya penggunaan kayu sebagai hiasan rumah, sebab kayu dapat dianggap memiliki multiperan dalam bangunan. Pasalnya dapat digunakan sebagai kebutuhan mulai dari pondasi, kolom, struktur atap, dinding, lantai, plafon, kusen, daun pintu, daun jendela bahkan furnitur.

Seperti yang dilansir dari buku 21 Desain Rumah Kayu karya Griya Kreasi, Jakarta, Minggu (6/9/2020). Sering pula dijumpai, penggunaan kayu sebagai struktur atap yang dapat menghasilkan keindahan struktur rangka terutama rangka atap tanpa plafon.

Baca juga: Ciptakan Ruang Keluarga Nyaman tapi Stylish, Kap Lampu Jadi Solusi

Kayu memiliki tekstur yang lembut dan menyejukkan ruangan, sehingga membuat ruangan lebih terasa sejuk, nyaman dan terasa lebih dekat dengan nuansa alam. Namun dalam penggunaannya, kayu yang digunakan harus dengan kayu yang memiliki kualitas bagus dan kayu keras.

Seperti jenis kayu besi, jati dan bangkirai, kayu jenis ini kuat terhadap serangan rayap. Namun, kayu jenis ini untuk harga dapat terbilang mahal.

Banyak jenis kayu lainnya yang dapat digunakan, namun tidak terlalu tahan dengan serangan rayap. Meskipun, sudah diberi antirayap.

Untuk bagian eksterior rumah, kayu akan lebih cantik bila dipadu dengan taman tropis, kolam dan gazebo. Pada bagian interior, kayu idealnya di terapkan dengan pola minim sekat, layaknya ruang keluarga, ruang makan, dan dapur yang dibiarkan terbuka.

Furnitur pada rumah kayu biasanya disesuaikan dengan bahan atau warna interiornya. Hal terpenting dalam pemilihan furnitur pada hunian sebenarnya terletak pada keserasian warna.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini