Perhatikan 4 Hal Sebelum Pasang Carport di Samping Rumah

Natasha Oktalia, Jurnalis · Minggu 06 September 2020 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 06 470 2273377 perhatikan-4-hal-sebelum-pasang-carport-di-samping-rumah-jpUJrLy66m.jpg Carport (Foto: Colwesternshed)

JAKARTA - Carport merupakan penutup yang digunakan sebagai atap pada halaman depan atau samping rumah. Pada lahan terbatas atau yang hanya memiliki satu muka, carport ditempatkan pada garasi rumah.

Pemilihan atap carport tentunya harus selaras dengan wajah tampilan induk yang dapat memperkuat desain bangunan secara keseluruhan. Jika, rumah di desain dengan konsep modern maka carport yang dipilih juga harus menunjang tampilan konsep modern.

Baca juga: Bingung Punya Ruang di Bawah Tangga untuk Apa, Begini 6 Cara Menyiasatinya

Pemilihan desai atap carport yang dilakukan secara serampangan tanpa mempertimbangkan konsep desain rumah secara keseluruhan akan merusak keindahan tampilan rumah. Oleh karena itu, jangan hanya memperhatikan faktor estetika, namun perhatikan pula faktor fungsionalnya.

Seperti yang dilansir dari buku 21 Disain Atap carport karya Nia Noorahmah, Jakarta, Minggu (6/9/2020). Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan carport.

Baca juga: Ciptakan Ruang Keluarga Nyaman tapi Stylish, Kap Lampu Jadi Solusi

1. Kekuatan struktur atap

Desain atap carport yang menarik akan menambah nilai estetika pada suatu bangunan. Sementara, konstruksi atap yang baik akan berpengaruh pula terhadap kenyamanan aktivitas dan optimalisasi fungsi yang berlangsung di bawahnya.

Oleh karena itu, pastikan sistem struktur atap yang dipilih memang benar aman dan pengerjaan konstruksinya dilakukan dengan baik. Meski konstruksi atap carport terbilang sederhana, perlu diperhatikan pula kekuatan strukturnya.

2. Ketinggian atap

Ketinggian atap yang dipilih harus disesuaikan pula dengan jenis mobil yang akan menempati. Jangan sampai atap carport malah rendah karena akan menyulitkan ketika membersihkan atap mobil.

Namun, jika terlalu tinggi akan terkait dengan faktor shading (bayangan), serta tampias air hujan. Untuk standar mobil keluarga, gunakan ketinggian 2,5 meter.

3. Faktor shading (bayangan)/teduhan

Tidak seperti garasi yang menawarkan perlindungan penuh pada mobil yang merupakan ruang tertutup, konsekuensi pada ruang setengah terbuka carport adalah perlindungan yang benar-benar mengandalkan atap. Oleh karena itu, jatuhnya sinar matahari harus dicermati dengan baik.

Terlebih, bagi pengguna yang sering menyimpan mobil pada siang hari. Perhitungkan dengan baik mengenai bagian memanjang lahan carport yang terbuka, apakah menghadap ke arah yang banyak terkena sinar matahari atau tidak.

4. Penempatan tiang

Posisi tiang dan luas area carport sangat mempengaruhi kemudahan keluar masuk mobil. Oleh karena itu, pertimbangkan hal tersebut dari awal.

Pertimbangkan pula penempatan pagar nantinya, jangan sampai harus memindahkan tiang carport yang sudah terpasang rapi ketika akan menambah pagar di kemudian hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini