Tidak Hanya Masyarakat Miskin yang Butuh Bansos

Safira Fitri, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 320 2274551 tidak-hanya-masyarakat-miskin-yang-butuh-bansos-ozBY3KqRib.jpg Masyarakat Menengah Rentan Menjadi Masyarakat Miskin. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah tidak bisa hanya fokus kepada 40% masyarakat berpendapatan rendah yang diberikan bantuan sosial. Sebab ada 60% atau 70% masyarakat berpendapatan menengah yang rentan masuk menjadi masyarakat berpendapatan rendah karena adanya krisis saat ini.

"Karena peningkatan dari kasus positif Covid-19 selalu meningkat, jadi menurut saya ini sebuah kekhawatiran sendiri karena semakin tidak pasti arah dari sisi kesehatan maupun sisi ekonominya," ujar Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Fajar B Hirawan.

Oleh karena itu, pemerintah dinilai harus memperluas cakupan perlindungan dan perhatian kepada masyarakat berpenghasilan menengah, tidak hanya kepada masyarakat berpenghasilan rendah.

Fajar mengatakan, pemerintah memerlukan semacam strategi khusus atau skema yang mempertimbangkan segala opsi.

Pasalnya, dengan pergerakan manusia saat ini sudah mulai dikurangi dan diketahui juga adanya anggapan bahwa kegiatan ekonomi seperti halnya kondisi sebelum Covid-19 itu tidak mungkin akan terjadi di era pandemi ini.

Baca Selengkapnya: Banyak Miskin 'Dadakan', Bansos Harus Diperluas ke Masyarakat Menengah

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini