Menko Airlangga Siapkan Hotel Bintang 2 untuk Pasien Covid-19

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 11 September 2020 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 11 470 2276009 menko-airlangga-siapkan-hotel-bintang-2-untuk-pasien-covid-19-qPij6d7YiP.jpg Hotel (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato akan menyiapkan tempat khusus untuk menampun pasien covid-19. Hal ini seiring dengan melonjaknya pasien covid-19 di DKI Jakarta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan akan menggunakan hotel dalam menampung pasien covid-19 yang terus tinggi. Di antaranya hotel bintang dua dan tiga untuk merawat pasien covid-19.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Jakarta Meningkat, Dokter Minta Masyarakat Lebih Tertib Patuhi Protokol Kesehatan

"Pemerintahan pusat tadi memberi perhatian serius terhadap perkembangan situasi dan akan selalu meningkatkan kapasitas rumah sakit dan fasilitas kesehatan, dari peningkatan rumah sakit dan fasilitas kesehatan itu juga akan terus menambah fasilitas di hotel termasuk memanfaatkan hotel bintang 2 dan 3," kata Airlangga dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (11/9/2020). 

Kata dia, Hotel bintang 2 dan 3 akan dimanfaatkan menjadi rumah sakit yang menangani pasien Corona. Tambahan ruang isolasi mandiri juga akan disiapkan di Wisma Atlet Kemayoran.

Baca Juga: MUI Imbau Warga di Zona Merah Covid-19 Tak Sholat Jumat di Masjid

"Jadi peningkatan rumah sakit dan fasilitas kesehatan itu juga akan terus menambah fasilitas di hotel, termasuk memanfaatkan hotel bintang 2 dan 3 seperti yang dicontohkan di Sulawesi Selatan dan juga mempersiapkan ruang isolasi mandiri di Wisma Atlet di mana Wisma Atlet juga mempersiapkan baik di tower 5-6 maupun yang khusus dari pekerja dari luar negeri itu adalah tower 7 dan 8," jelasnya.

Dia menambahkan dengan pemanfaatan itu diharapkan masyarakat dapat terfasilitasi dengan baik. Pemerintah juga menjamin pasokan obat-obatan tersedia.

"Fasilitas ini juga mempersiapkan dari segi jumlah bed juga terus ditingkatkan dan disamping itu juga pemerintah mendorong agar rumah sakit rumah sakit yang ada di DKI ataupun yang di Jakarta itu untuk dilakukan relaksasi terutama terhadap pasien pasien yang posisinya sudah hampir sembuh," tandasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini