Intip Peluang Penyewaan Buku di Tengah Pandemi, Untung atau Rugi?

Natasha Oktalia, Jurnalis · Minggu 13 September 2020 08:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 13 455 2276924 intip-peluang-penyewaan-buku-di-tengah-pandemi-untung-atau-rugi-CaXCLsQNmt.jpg Penyewaan Buku Masih Jadi Usaha Menguntungkan di Tengah Pandemi? (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Banyaknya tumpukan buku di rumah, tentu sayang jika dibiarkan begitu saja. Sebab jika dibiarkan dapat merusak kertas dari buku-buku yang sudah terpakai tersebut.

Salah satu kegiatan usaha sampingan dan mudah yang bisa dilakukan dari rumah selama pandemi adalah menyewakan buku layak baca. Meskipun terlihat biasa saja, usaha tersebut mampu meraup uang yang tidak sedikit.

Jenis buku yang ditawarkan juga bisa beragam, mulai dari buku pelajaran hingga komik sekalipun. Adanya penyewaan buku dan komik tersebut membantu orang sekitar untuk mengisi waktu luang untuk membaca.

Baca Juga: Cara Kerja Anak Buah Sri Mulyani untuk Capai Tujuan

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini juga dikatakan kecil untuk membuka suatu usaha. Berkisar antara Rp3 juta hingga Rp5 juta usaha tersebut sudah bisa dijalankan.

Untuk lokasi usaha dapat memanfaatkan rumah pribadi. Selain itu, memanfaatkan garasi rumah juga bisa menjadi salah satu ide, namun jika dirasa lokasi kurang efektif cobalah untuk menyewa kios kecil.

Baca Juga: Jakarta PSBB Total Lagi, Jasa Pesan Antar Jadi Solusi di Bisnis Makanan

Seperti yang dijelaskan dalam buku Meraup Duit dari Barang Seken karya Mia Siti Aminah,SS dan Septi Rinasusanti, Jakarta, Minggu (13/9/2020). Salah satu tips untuk menjalankan usaha ini yakni dekorasi ruang atau tempat usaha agar pengunjung tertarik untuk menghabiskan waktu dan datang ke gerai buku.

Selain mudah untuk dijalankan, jenis usaha penyewaan buku dan komik ini sangat asyik dan membantu orang sekitar lho. Tertarik mencoba usaha ini?

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini