Nabung Buat Modal Usaha? Begini Caranya

Safira Fitri, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 622 2278117 nabung-buat-modal-usaha-begini-caranya-lZHACv5vhu.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Di masa pandemi saat ini, masyarakat perlu lebih cerdas dalam mengupayakan usaha untuk bangkit kembali dari terpuruknya ekonomi. Adapun, bagi pelaku awam dalam usaha dapat memulai dengan langkah menabung.

Dalam hal menabung sendiri, diwajibkan untuk memiliki satu tujuan yang diprioritaskan. Misalnya seperti, menabung untuk pembelian atau pun modal untuk usaha.

Lantas, apakah efektif jika mengumpulkan dana untuk modal usaha dengan menabung? Nah, berikut adalah tips seputar mendapatkan modal melalui tabungan seperti dilansir dari buku Investasi Cerdas oleh Arif Rahman, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Baca Juga: 4 Pos Penting dalam Mengelola Keuangan di Tengah Pandemi Covid-19

Pertama, bukalah rekening baru di bank yang memiliki tingkat potongan administrasi yang rendah, biasanya terdapat pada bank perkreditan rakyat. Saat ini, sudah ada bank swasta yang sama sekali tidak memberikan potongan administrasi pada tabungan tahapan.

Kedua, mintalah agar rekening tidak difasilitasi dengan kartu ATM. Hal ini guna menghindari keputusan mengambil uang dalam tabungan secara mudah.

Baca Juga: Begini Cara Menabung dan Investasi Jelang Resesi

Ketiga, sekiranya memungkinkan, carilah bank yang bersedia datang langsung ke tempat tinggal, ini bisa dirundingkan apakah seminggu atau sebulan sekali. Biasanya, fasilitas seperti ini banyak diberikan oleh bank-bank perkreditan rakyat.

Memperoleh modal dari tabungan yang sudah memiliki perencanaan jelas lebih efektif. Dengan menabung juga dapat melatih konsistensi dalam mengalokasikan dana sesuai kepentingan yang diprioritaskan. Jadi jangan menunda lagi ya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini