Kiat Bisnis Waralaba agar Kuat Lawan Covid-19

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 18 September 2020 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 455 2279859 kiat-bisnis-waralaba-agar-kuat-lawan-covid-19-J4PrO0toXx.jpg Rupiah (Shutterstock)

JAKARTA - Banyak orang memilih membuka usaha pertama menggunakan model franchise (waralaba). Alasannya sederhana, lebih mudah menembus pasar, karena nama produk sudah dikenal.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto memberikan kiat akan bisnis waralaba bisa bertahan di pandemo covid-19. Diantaranya adalah memanfaatkan platform atau aplikasi digital.

 Baca juga: Mau Bisnis Kaos Distro, Kenali Dulu 6 Caranya di Sini

"Kemendag mendorong kerjasama antar pelaku waralaba dengan pelaku usaha platform digital untuk memenuhi kebutuhan usahanya dan meningkatkan pelayanannya ke pelanggan dan pelaku waralaba harus terintegrasi dengan ekosistem digital ecommerce dengan mengadopsi pelaku ecommerce digital marketung , virtual market untuk membantu dan memudahkan franchise dalam memunhi kebutuhan konsumennya," kata Agus dalam webinar, Jumat (18/9/2020).

Kata dia, integrasi pelaku usaha dengan ekosistem digital sangat penting dalam bertahan menjalankan usaha bisnis. Saat ini, Kemendag telah bekerjasama dengan Gojek untuk membantu pelaku usaha waralaba dalam menyalurkan produknya.

 Baca juga: Tren Bisnis Waralaba Jadi Populer di Indonesia

"Kita udah kerangka kerjsama untuk melakukan nota kesempahan dengan Gojek. Hal ini untuk pemanfaatkan aplikasi dalam meningkatkan belanja usaha pokok dan mematsikan distribusi barang-baramg lancar dan bisa dimanfaatkan teman pelaku usaha dibidang waralaba," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan bisnis waralaba menjadi trend usaha yang digandrungi masyarakat Indonesia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini