Kisah Inspiratif, Pengangguran Raup Cuan dari Miniatur Sepeda Motor

Yudy Heryawan Juanda, Jurnalis · Jum'at 18 September 2020 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 455 2280030 kisah-inspiratif-pengangguran-raup-cuan-dari-miniatur-sepeda-motor-CpDuT89FLj.jpg Miniatur Motor (Foto: Yudy/Okezone)

SUBANG - Seorang pemuda di Subang berhasil berhasil memasuki pasar hingga pelosok negeri dengan menciptakan miniatur sepeda motor yang menggunakan bahan dari limbah paralon kabel. Karyanya tersebut diciptakan akibat dirinya dirumahkan karena dampak pandemi Covid-19.

Dampak menjadi pengangguran, pemuda yang bernama Herman berusia 30 tahun dan merupakan warga Kampung Tanjungjaya, Desa Munjul membuat miniatur sepeda motor dengan sangat detil dari bahan limbah paralon kabel.

Baca Juga: Kisah Sy Bersaudara, Orang Terkaya Filipina Rp204 Triliun karena Warisan

Awal mula membuat miniatur tersebut selain karena telah menganggur juga untuk mencoba mengasah kembali bakat seni yang dimiliki. Uniknya, dengan menggunakan limbah pipa paralon kabel listrik yang berukuran kecil, miniatur sepeda motor dibuat sangat mirip dengan aslinya. 

Dalam proses pembuatan satu unit miniatur membutuhkan waktu paling cepat dua minggu hingga satu bulan. Kemiripan hingga 100% aslinya tersebutlah yang membuat proses memakan waktu cukup lama.

Baca Juga: Kisah Pedagang Masker: Ketiban Untung hingga Kucing-kucingan dengan Satpol PP

Sementara, bahan-bahan yang digunakan Herman selain pipa paralon bekas, yakni meliputi P-V-S foam board, cat, tima, hingga baut yang berukuran sangat kecil dengan menggunakan perkakas serta lem. 

Dalam proses pembuatannya, pipa paralon dipotong tengahnya agar menjadi lembaran, selanjutnya dibuat pola dan dipotong serta ditempelkan hingga berbentuk sesuai dengan body sepeda motor.

Sementara untuk membuat kerangka dan mesin sepeda motor, dirinya menumpuk lembaran pipa lalu memotongnya sesuai dengan kebutuhan, begitu juga dalam membuat ban dan velg.

Bahkan agar mirip dengan aslinya, Herman juga mendempul body sepeda motor dan mengecatnya dengan cara disemprot. Untuk kelebihan miniatur sepeda motor dibandingkan dengan buatan pabrikan adalah, miniatur yang dibuat Herman lebih detil dan dapat dibongkar pasang.

Per buah, miniatur sepeda motor karya Herman dijual mulai dari harga Rp300 ribu hingga Rp2 juta. Dari ketekunannya tersebut, kini karyanya telah menembus hingga berbagai daerah di tanah air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini