Membangun Rumah Sehat, Tanaman dan Tanah Punya Peran Penting

Safira Fitri, Jurnalis · Minggu 20 September 2020 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 20 470 2280779 membangun-rumah-sehat-tanaman-dan-tanah-punya-peran-penting-zgQr2VG72Q.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Seiring berjalannya waktu, kesadaran masyarakat pada rumah yang berwawasan lingkungan semakin besar. Hal ini bisa diakibatkan karena dampak kerusakan lingkungan yang semakin dirasakan.

Dampak dari kerusakan lingkungan tersebut dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi jika meninggali rumah di kota. Seperti suhu udara yang semakin panas, hujan turun tak menentu, dan polusi yang semakin tebal.

Baca Juga: Begini 5 Cara Desain Carport agar Mobil Aman

Oleh sebab itu, dalam membuat perencanaan rumah sehat, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seperti dilansir dari buku 22 Ide & Konsep Desain Rumah dan Taman oleh Probo Hindarto, Jakarta, Minggu (20/9/2020).

Pertama, perlunya memperhatikan dalam penggunaan lahan untuk ruang-ruang secara maksimal dengan menempatkan ruang-ruang dalam rumah secara kompak dan terpadu.

Baca Juga: Bisa Jadi Tempat Kumpul, Begini Buat Balkon Terlihat Luas

Kedua, pemberian bukaan berupa jendela-jendela dan ventilasi untuk mendukung ruang-ruang yang "bernafas".

Ketiga, memaksimalkan area kosong dan area hijau untuk menumbuhkan taman.

Keempat, pemberian penahan tampias hujan untuk pelindung panas dan hujan.

Kelima, penggunaan plafon tinggi agar ruang-ruang lebih segar dan dingin.

rumah

Selain itu perlu diingat, tanaman dan tanah memiliki peranan yang sangat penting, yaitu sebagai penahan dan penyimpan air tanah yang dapat mengurangi banjir. Tanaman berupa pohon-pohon dapat memberikan naungan bayangannya dan mengurangi suhu udara hingga 3-4 derajat celcius.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini