Jelang Resesi, Haruskah Hanya Makan Tempe demi Hemat Kantong?

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 21 September 2020 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 622 2281210 jelang-resesi-haruskah-hanya-makan-tempe-demi-hemat-kantong-ulNp2qi109.jpg Tips Mengatur Keuangan Selama Pandemi Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Dalam masa krisis seperti sekarang, masyarakat dinilai harus bijak mengeluarkan uangnya. Ada baiknya, uang yang dikeluarkan benar-benar digunakan untuk kebutuhan yang sangat penting.

Misalnya untuk kebutuhan sehari-hari. Adapun kategori kebutuhan sehari-hari terdiri dari berbagai macam, mulai untuk makan hingga pembayaran listrik, air, atau kosan.

Baca Juga: Gaji Tak Dipotong, Prioritaskan Pengeluaran yang Penting Saja

Menurut Perencana Keuangan Andi Nugroho, khusus untuk makan, harus dipilah-pilah lagi dalam masa krisis. Masih dalam suasana ketidakpastian yang ada baiknya belajar hidup prihatin.

"Contohnya ya makan pasti butuh makan. Tapi dalam masa kritis harus lebih prihatin," ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (21/9/2020).

Dalam situasi ini, sementara mengurangi konsumsi makanan dengan harga mahal atau kekinian. Lebih baik mengkonsumsi makanan seperti sayuran, tahu dan tempe.

"Enggak makan daging dulu deh, perbanyak sayuran tahu tempe," ucapnya.

Baca Juga: Pekerjaan dan Gaji Masih Aman tetap Atur Rem Pengeluaran Ya

Dengan mengkonsumsi tahu dan tempe sangat baik untuk kesehatan. Karena di dalam tahu tempe juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Hal ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan di tengah situasi ketidakpastian akibat pandemi ini. Bahkan menurutnya, selain sehat secara jasmani juga bisa menyehatkan kantong atau isi dompet karena harganya yang relatif murah.

"Karena tahu tempe gizinya juga tinggi kan. Sayuran tempe tahu gizinya tinggi. Bisa di adjust disitu," kata Andi.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini