Begini Cara Cegah Lahan Pertanian Jadi Perumahan

Safira Fitri, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 320 2281770 begini-cara-cegah-lahan-pertanian-jadi-perumahan-93FBl9KqyR.jpg Pertanian (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Pertanian RI bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam upaya mencegah alih fungsi lahan pertanian produktif. Upaya ini diikuti pula dengan pemutakhiran data dan bantuan dari Kementan kepada petani agar lumbung pangan tetap terjaga bagi hajat hidup orang banyak.

Alih fungsi lahan pertanian sendiri merupakan ancaman serius bagi sektor pertanian. Kementerian Pertanian RI pun mendukung upaya pemerintah daerah dalam pencegahan alih fungsi tersebut.

 Baca juga; 450 Ribu Alsintan Dibagikan, Apa Kabar Swasembada Beras?

Adapun lebih lanjut mengenai pencegahan alih fungsi lahan pertanian seperti dilansir dari laman Instagram @kementerianpertanian, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Pertama, alih fungsi menyusutkan lahan pertanian. Di mana, alih fungsi membuat lahan pertanian menyusut. Dampaknya ialah mengganggu produktivitas dan berakibat kekurangan pangan.

 Baca juga: DPR Sebut Anggota Parpol Bagi-Bagi Traktor, Mentan: Tidak Ada Perintah

Kedua, regulasi sudah ada. Regulasi untuk mencegah alih fungsi itu sendiri adalah UU No. 41 tahun 2009 tentang Penerapan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B).

Ketiga, kerjasama dengan Pemda. Di mana, pemerintah daerah memiliki peran penting dalam pencegahan Kementan mendukung Pemda yang menerbitkan Peraturan Daerah LP2B.

Keempat, alih fungsi lahan untuk perumahan. Alih fungsi lahan pertanian untuk pemukiman sebaiknya tidak mengambil lahan hijau namun menempati lahan kering.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini