Lumbung Pangan Nasional, Mentan: Kita Jual Beras Kualitas Ekspor

Dita Angga R, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 320 2282411 lumbung-pangan-nasional-mentan-kita-jual-beras-kualitas-ekspor-mnh0398vuP.jpg Petani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan pembangunan lumbung pangan nasional diharapkan bermuara pada bisnis. Dia ingin agar lumbung pangan nantinya tidak menjual gabah.

“Kita berharap tidak jual gabah di sana, yang ada adalah jual beras yang berkualitas yang bisa masuk ke market place, ke e-commerce,” katanya seusai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (23/9/2020).

Baca juga: 450 Ribu Alsintan Dibagikan, Apa Kabar Swasembada Beras?

Bahkan dia ingin agar hasil dari pengolahan lahan di lumbung pangan nasional bisa untuk kebutuhan ekspor.

“Bahkan mungkin saja karena ini lahan cukup besar. Kalau di sana punya industri maka bisa jadi produk sendiri yang berkualitas ekspor. Ya artinya harus diekspor. Kita punya cadangan yang cukup,” tuturnya.

Baca juga: DPR Sebut Anggota Parpol Bagi-Bagi Traktor, Mentan: Tidak Ada Perintah

Dia mengatakan penanaman padi rencananya akan dilakukan di Kalimantan Tengah. Di mana menurutnya alat mesin pertanian sudah dipersiapkan dengan baik. Hal ini sebagaimana arahan presiden bahwa mekanisasi dan teknologi pertanian bisa dilakukan di lumbung pangan nasional sebagai uji coba.

“Oleh karena itu traktor jumlahnya 1.200-an dan mekanisasi sistem penaburan benih, sistem penaburan pupuk, ada drone yang naik. Selain manual-manualnya jalan karena petani harus diberdayakan, tapi Internet of things akan kami mainkan di sana untuk percepat penanaman,” pungkasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini