Jokowi Siap Upgrade Kemampuan Masyarakat Desa untuk Ekonomi RI

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 320 2282947 jokowi-siap-upgrade-kemampuan-masyarakat-desa-untuk-ekonomi-ri-vjctNRQswl.jpg Presiden Jokowi (Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo memberikan ruang bagi warga desa untuk mengembangkan potensi lokalnya. Jika perkembangannya baik maka pemerintah akan memberikan sejumlah fasilitas, seperti akses ke permodalan, teknologi dan peningkatan keterampilan.

"Memperkuat daya ungkit ekonomi desa, setiap desa perlu mengembangkan potensi lokalnya, baik berkaitan dengan pertanian, wisata maupun industri yang ada di desa, jangan semuanya dilakukan top down, dari atas, tapi berikan ruang partisipasi," ujar Jokowi dalam rapat terbatas 'Percepatan Peningkatan Ekonomi Desa' secara virtual, Kamis (24/9/2020).

 Baca juga: Anggaran Dana Desa Rp72 Triliun pada 2021, untuk Apa Saja?

Jokowi yakin warga desa mampu berkreasi sehingga akan menungkit perekonomian lokal. Pemerintah juga akan memberikan sejumlah fasilitas sejalan dengan pengembangan potensi yang sudah dilakukan warga.

"Saya kira kalau perkembangannya kelihatan, ini harus difasilitasi, diberikan akses ke permodalan, teknologi atau skill, keterampilan, dan didorong kerja sama antardesa dan bisa masuk ke supply chain yang lebih luas sehingga pelaku usaha di desa bisa up skilling bisa naik kelas," jelasnya.

 Baca juga: Jangan Main-Main, Kini Anggaran Dana Desa Dipelototi Banyak Orang

Sejurus dengan itu, Jokowi juga ingin pemerintah mengintegrasikan gerak langkahnya dalam mengembangkan ekonomi desa. Ia tidak ingin jajarannya bergerak sendiri-sendiri sehingga hasil kerjanya tidak terlihat.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini