Ternyata Tahapan Panen Biji Kopi Bisa Pengaruhi Nilai Jual

Natasha Oktalia, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 455 2283760 ternyata-tahapan-panen-biji-kopi-bisa-pengaruhi-nilai-jual-CfbUUSvPyU.jpg Kopi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Pertanian RI kembali mendorong produksi komoditas perkebunan termasuk dengan kopi. Oleh karena itu, Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya menggelar bimbimgan teknis pengolahan pasca panen kopi.

Untuk menghasilkan kualitas kopi yang baik tentunya ditentukan oleh beberapa aspek. Seperti 60% budidaya, 30% pasca panen dari biji kopi dan 10% yang berasal dari pengolahan tahap akhir pada barista sebelum disajikan.

Baca Juga: Indonesia Terancam Resesi, Biasanya Orang Selalu Tahan Duit

"Dengan adanya bimbingan teknis ini, petani diharapkan mempraktekan pasca panen kopi agar rasa dan nilai jual kopi meningkat," tulis Kementan, Jakarta, Jumat (25/9/2020). 

Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) di Surabaya sendiri memiliki tujuh kelompok tani binaan yang terletak di Kabupaten Lumajang. Dengan hadirnya Bimtek tersebut diharapkan para petani dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi cacat mutu biji kopi di Indonesia.

Terdapat lima faktor yang menyebabkan cacat mutu pada biji kopi. Seperti yang dijelaskan oleh Kementerian Pertanian, sebagai berikut.

Baca Juga: Jangan Takut Resesi, Selalu Ada Peluang dalam Kesusahan

1. 13,48 % berlubang karena hama bubuk buah. 

2. 36,94% warna hitam karena dipetik selagi muda.

3. 7,85% pecah karena huller yang kurang tepat.

4. 37,79% warna cokelat dan bertutul karena fermentasi dan huller yang kurang tepat.

5. 3,83% berbatu karena proses sortir yang kurang teliti.

Jika nantinya Bimtek tersebut diaplikasikan secara tepat, akam mampu meningkatkan mutu dan kualitas biji kopi Indonesia. Tentunya dapat meningkatkan nilai jual, karena pasca panen menentukan kualitas dari kopi. Tujuannya agar meningkatkan mutu dan nilai ekonomi komoditas biji kopi Indonesia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini