7 Cara Kelola Uang Selama Pandemi, Liburan di Rumah Saja

Natasha Oktalia, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 27 622 2284507 7-cara-kelola-uang-selama-pandemi-liburan-di-rumah-saja-u61pUSvSyv.jpg Tips Mengelola Keuangan untuk Milenial. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi birus corona tentunya mengajarkan setiap individu untuk terus belajar mengelola keuangan. Sebab pandemi membuat sejumlah pengeluaran menjadi tidak terduga.

Apalagi ditambah banyaknya pemberhentian kerja yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan. Membuat sebagian orang kehilangan pendapatannya.

Baca Juga: Gajian Usia 20-an vs 30-an, Ini Bedanya dalam Mengatur Keuangan

Salah satu cara yang dapat dilakukan saat ini adalah bagaimana mengelola keuangan yang baik selama adanya Pandemi. Seperti yang dilansir dari akun Instagram @kemekopukm, Jakarta, Minggu (27/9/2020), diberikan cara seperti apa mengelola keuangan selama pandemi:

Pertama, hitung uang pendapatan dan pengeluaran.

Dimulai dengan membuat membuat daftat barang dan kebutuhan utama, seperti makanan dan pengeluaran sehari-hari. Kesampingkan terlebih dahulu hal yang tidak mendesak.

Baca Juga: Mahasiswa tapi Mau Merdeka Secara Finansial? Berikut Caranya

Kedua, jangan tergoda cicilan.

Walaupun bunga dengan cicilan 0% terlihat menarik, coba untuk menahan membeli barang tersebut. Disaat seperti ini harus bisa memilah mana pengeluaran yang menjadi prioritas dan tidak.

"Jangan sampai kebutuhan utama dikesampingkan." pesan Kemenkopukm.

Ketiga, stop panic buying.

Menumpuk barang atau makanan dirumah karena panik itu tidak baik, pikirkan juga mengenai kebutuhan orang lain. Panic buying menyebabkan bengkaknya uang belanja lho.

Keempat, kurangi biaya tidak perlu.

Kurangi pembelian konsumtif, seperti jajan atau pengeluaran implusif.

Kelima, liburan di rumah.

Dimasa seperti ini, tabungan liburan menjadi penolong untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi, lebih baik nikmati kebersamaan keluarga dan liburan dari rumah saja.

Keenam, hobi dan kreasi jadi uang.

Di saat seperti ini, banyak yang jadi hobi memasak bukan? Selain untuk dikonsumsi oleh keluarga, bisa untuk dijual dan menjadi sumber pemasukan lho.

Ketujuh, siapkan dana darurat.

Meski sudah berhemat, sisihkan sebagian untuk dana darurat. Lebih baik bersiap dalam menghadapi segala kemungkinan di kemudian hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini