Kedisiplinan Pengelolaan APBN RI Sangat Terkenal dalam Sejarah

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 320 2285516 kedisiplinan-pengelolaan-apbn-ri-sangat-terkenal-dalam-sejarah-dMF3UDnSCb.jpg perhitungan ekonomi (Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebutkan penjagaan kondisi ekonomi Indonesia ternyata banyak dipuji oleh negara asing. Terutama dalam kedisiplinan menjaga defisit Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan pengelolaan APBN sangat disiplin dalam menjaga defisit dalam sepanjang sejarah. Defisit APBN di Indonesia selalu di bawah 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

 Baca juga: 5 Fakta Defisit APBN Tekor Rp500 Triliun, Nomor 3 Jauh dari Harapan

"Indonesia itu sangat terkenal dalam sejarah sebagai negara yang pengelolaan APBN nya itu sangat sangat disiplin mengenai defisit yaitu selalu dibawah 3% dari produk domestik bruto di tahun itu. Kita melakukan hal ini sejak kita undang-undang keuangan negara 2003," kata Suahasil Nazara dalam diskusi virtual, Selasa (29/9/2020).

Dia melanjutkan pemerintah mengeluarkan Perppu 1 Tahun 2020 yang kemudian telah disetujui menjadi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 yang mengizinkan pemerintah melakukan defisit lebih dari 3%. Adapun, Defisit diperlebar menjadi 6,34 %

 Baca juga: Luhut Minta Insentif ke Sri Mulyani: Teman AL Senang Sekali

"Defisit tersebut sampai dengan tahun 2022. Jadi bukannya tidak terbatas tapi terbatas sampai 2022 untuk menangani pandemi covid ini,"bebernya

Dia menambahkan pemerintah menyadari tidak bisa menjaga defisit APBN di angka 3%. Sebab penerimaan negara terkoreksi sangat dalam. Namun di satu sisi belanjanya harus naik. Sehingga mau tidak mau defisitnya pun menjadi membengkak.

"Situasi seperti Covid saat ini tidak mungkin menurunkan belanja-belanja malah menjadi tulang punggung APBN APBD. Karena itu belanjanya harus kita pastikan cukup dan bermanfaat," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini