Ada Tol Manado-Bitung, Biaya Logistik Bisa Lebih Efisien

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 320 2285694 ada-tol-manado-bitung-biaya-logistik-bisa-lebih-efisien-pltqwg4yEH.jpg Peresmian Tol Manado-Bitung (Foto; Jasa Marga)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo berharap jalan tol Manado-Bitung bisa menunjang perekonomian daerah sekitar. Apalagi di daerah tersebut juga ada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menurut Jokowi, jalan Tol Manado-Bitung dirancang untuk bisa terintegrasi dengan kawasan Industri dengan kawasan Pariwisata di Sulawesi Utara. Sehingga akan mempercepat waktu tempuh dan mudah dijangkau.

 Baca juga: Tol Manado-Bitung Tarik Investor, Lapangan Kerja Akan Menjamur

“Jalan tol Manado-Bitung ini juga dirancang untuk terintegrasi dengan kawasan industri, terintegrasi dengan kawasan pariwisata di Sulawesi Utara, sehingga akan mempercepat akses menjadi lebih mudah dijangkau, lebih cepat dikenal, dan lebih mudah dikembangkan,” ujarnya dalam acara peresmian jalan Tol Manado-Bitung, Selasa (29/9/2020).

Menurut Jokowi, dengan adanya jalan tol ini juga bisa menekan biaya logistik dari Pelabuhan Internasional Bitung. Sehingga, daya saing juga bisa meningkat serta KEK juga bisa lebih maju lagi.

 Baca juga: Presiden Jokowi Minta Gubernur Sulut Tarik Investor ke KEK Bitung

“Dengan adanya jalan tol ini maka biaya logistik dari pelabuhan internasional Bitung dapat ditekan lebih rendah sehingga lebih efisien. daya saing juga otomatis akan meningkat. Kawasan ekonomi khusus Bitung juga dapat dikembangkan lebih maju,” jelasnya.

Saat ini lanjut Jokowi, jarak tempuh masyarakat yang ingin pergi dari Manado ke Bitung juga bisa lebih cepat. Karena yang tadinya membutuhkan waktu 90 menit, kink hanya 30 menit saja.

“Bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Manado ke bitung atau sebaliknya melalui jalan tol ini, waktu tempuhnya akan menjadi jauh lebih cepat yang dulu ditempuh satu setengah jam sekarang hanya setengah jam saja. Ini sebuah kecepatan, perubahan kecepatan yang sangat berubah sekali,” jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini