Ramalan Bank Dunia soal Ekonomi, Sri Mulyani: Risiko Covid-19 Meningkat

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 320 2285812 ramalan-bank-dunia-soal-ekonomi-sri-mulyani-risiko-covid-19-meningkat-s66RmRnwTE.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Instagram SMIndrawati)

JAKARTA - Berbagai proyeksi ekonomi dunia dirilis oleh lembaga keuangan negara. Di antaranya data yang baru saja dirilis oleh Bank Dunia yang memproyeksi ekonomi dunia akan tertekan termasuk pada Asia Pasifik.

Menanggapi ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, adanya perubahan proyeksi ekonomi di dunia dikarenakan risiko Covid-19 yang masih meningkat

 Baca juga: Filipina Lockdown, Indonesia Tidak tapi Ekonominya Sama-Sama Tak Pasti

"Kita melihat pertumbuhan ekonomi global telah direvisi untuk 2020 ini yang sebagian terlihat adalah revisinya agak menunjukkan risiko meningkat. Di mana World Bank prediksi minus 5,2%," ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (29/9/2020).

Kata dia, berbagai stimulus oleh berbagai negara, harus bisa dimaksimalkan agar bisa memulihkan ekonomi dunia. Hal ini agar tidak terkontraksi lebih dalam.

 Baca juga: Pedagang Asongan Curhat Omzet Turun, Jokowi: Negara Kita Minus

"Kalau kita lihat dari proyeksi ini, tentu banyak faktor mempengaruhi. Seperti apakah covid bisa dikendalikan atau terskalasi, ketersediaan vaksin dan gimana program vaksinasi bisa," jelasnya.

Dia menambahkan Indonesia juga lakukan berbagai langkah dengan tantangan Covid-19. Salah satunya menerapkan instrumen fiskal untuk 2020 dan berlanjut di 2021.

"Yaitu bagaimana bisa minimalkan dan mitigasi risiko dan pulihkan ekonomi," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini