Penyebab Listrik Sering Mati, Ternyata Ada yang Disengaja

Safira Fitri, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 320 2288592 penyebab-listrik-sering-mati-ternyata-ada-yang-disengaja-PjQj23tYEJ.jpg Listrik (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Padamnya listrik sering terjadi akibat beberapa hal. Misalnya seperti banjir, hingga gangguan pembangkit listrik. Namun, ternyata ada dua tipe padaman listrik, yakni padam terencana dan padam tidak terencana.

PT PLN (Persero) pun tidak jarang menerima komplain dari begitu banyak pelanggannya. Lantas, kok bisa ada padam listrik terencana? Nah, agar tidak salah paham lagi, begini penjelasannya.

Baca Juga: Dicek Ya, Daftar Lengkap Pelanggan yang Tarif Listriknya Turun 

"Kalau pemadaman dilakukan secara sengaja oleh PLN, itu artinya PLN sedang melakukan peremajaan pada jaringan listrik untuk meningkatkan dan menjaga keandalan listrik," tulis keterangan Instagram @pln_disjaya, Jakarta, Senin (5/10/2020). 

Pemadaman terencana tersebut juga dilakukan oleh pihak PLN dengan waktu terjadwal dalam upaya perbaikan tersebut. Jadi jangan langsung marah ya.

Baca Juga: Tarif Listrik Turun Tanpa Syarat, Simak 6 Faktanya

Sementara, pemadaman yang dilakukan secara terencana juga biasanya akan diberitahukan. "Jadi gak tiba-tiba aja dimatikan," lanjut dalam keterangan tertulisnya. 

Adapun pemadaman dapat disebabkan adanya gangguan pada jaringan listrik, karena fenomena alam seperti jaringan yang terkena pohon, terkena petir, layang-layang, dan umbul-umbul.

Nah, dua hal tersebut bisa saja terjadi sewaktu-waktu dan kendala pun dapat terjadi pada waktu yang tidak terduga. Jadi sebaiknya para pelanggan PLN bersabar apabila sedang mengalami masalah tersebut.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini